Pohon Paling Kesepian yang Merekam Sejarah Manusia

Pohon Paling Kesepian yang Merekam Sejarah Manusia

Naviri Magazine - Di Selandia Baru, ada sebuah pulau bernama Campbell, letaknya sekitar 640 kilometer sebelah selatan negara tersebut. Di Pulau Campbell, berdiri sebatang pohon cemara dari jenis Picea sitehensis, yang sering disebut sebagai pohon paling kesepian di dunia. Pasalnya, pohon itu sendirian, dan berjarak 275 kilometer dari pohon lainnya.

Ditanam pada awal abad ke-20 oleh Lord Ranfurly, gubernur kolonial Selandia Baru, kayu pohon tersebut telah merekam radiokarbon, penanda waktu, yang diproduksi saat uji coba bom atom terjadi. Dan lapisan tahunan tersebut menunjukkan puncaknya pada tahun 1965, ketika uji coba bom atom akhirnya dilarang.

Hal ini membuat pohon tersebut dapat menunjukkan pada kita, garis awal dari era manusia modern atau Antroposen (Anthropocene). Antroposen adalah salah satu dari skala waktu geologi yang menunjukkan masa-masa ketika aktivitas manusia memiliki pengaruh global pada Bumi.

Tahun 1960-an adalah sebuah dekade yang diasosiasikan dengan kelahiran kepedulian lingkungan modern, sebuah era di mana pendaratan Apollo di Bulan memberikan sebuah gambar ikonik atas planet biru kita yang sangat rapuh.

Era ini juga merupakan waktu ketika dunia dengan cepat melakukan globalisasi, dengan pertumbuhan pesat industrialisasi dan pertumbuhan ekonomi, yang kemudian membawa ekspansi populasi disertai peningkatan masif dari dampak yang kita, manusia, berikan pada lingkungan.

Antroposen, era manusia modern

Konsep sebuah masa geologi yang didominasi manusia telah ada sejak abad ke-19. Namun, ide bahwa kitalah yang menyebabkan Antroposen terjadi mulai lebih populer baru-baru ini, dalam menghadapi perubahan global jangka panjang terhadap lingkungan di bumi.

Meski umat manusia telah lama memberikan pengaruh pada planet di tingkat lokal maupun kontinental, skala perubahan modern sangatlah besar. Hal itu menyebabkan para ahli geologi mempertimbangkannya sebagai bukti yang bisa menjadikan Antroposen secara resmi masuk dalam skala waktu geologi.

Para ahli geologi pun mengajak komunitas sains untuk menemukan sebuah tanda di lingkungan untuk menjadi "golden spike", yang menggambarkan perubahan krusial ini.

Salah satu cara yang paling mudah untuk menemukan tanda awal era baru ini adalah dengan menemukan elemen radioaktif yang tercipta saat percobaan bom atom, yang kebanyakan terjadi pada puncak perang dingin di tahun 1960-an.

Awal mula antroposen

Yang selama ini menjadi masalah, dari sudut pandang ahli geologi, sebagian besar data rekaman elemen radioaktif berasal dari belahan Bumi utara. Sementara untuk memperlihatkan pengaruh global manusia, diperlukan data dari seluruh belahan Bumi lainnya, dan data itu harus memiliki umur yang sama dengan data dari belahan Bumi utara.

Dari sinilah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports membantu.
Studi yang dipimpin oleh Chris Turney, peneliti dari University of New South Wales, Australia, berhasil mengidetifikasikan sebuah elemen radioaktif yang tersimpan pada sebuah pohon di Pulau Campbell.

Ia dan timnya mengambil sampel di pulau tersebut, saat melakukan Australasian Antarctic Expedition 2013-2014. Hal itu dilakukan untuk bisa mendapatkan data skala perubahan lingkungan di tempat yang sangat terpencil.

Sampel pun diambil dari pohon cemara jenis Picea sitehensis yang biasanya tumbuh pada bagian pantai barat Amerika Utara, dari Alaska hingga California. Pohon tersebut berada di bagian selatan Bumi karena manusia menanamnya di sana.

Dari hasil analisis data pertumbuhan pohon tiap tahunnya, terlihat bahwa puncak elemen radioaktif terjadi antara Oktober hingga Desember 1965, suatu hal yang sejalan dengan data dari Bumi bagian utara.

Pohon cemara ini mendemonstrasikan secara tegas bahwa manusia telah meninggalkan sebuah dampak perubahan pada planet, bahkan pada suatu lokasi lingkungan yang sangat jauh dari jangkauan manusia.

Tak hanya itu, dampak tersebut dapat tersimpan dalam skala waktu geologi selama beberapa milenium selanjutnya.

Riset ini bisa menjadi dasar penetapan mulainya era manusia modern pada 1965, berdasarkan temuan elemen radioaktif pada sebuah pohon yang berada di salah satu tempat paling terpencil di dunia.

Baca juga: Karena Hampir Mati, Pohon Beringin Tua Ini Diinfus

Related

Science 797045047283915124

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item