7 Suara yang Paling Dibenci Manusia di Dunia

7 Suara yang Paling Dibenci Manusia di Dunia

Naviri Magazine - Kehidupan manusia akrab dengan aneka suara. Pagi hari, saat masih tidur, kita bisa terbangun karena suara alarm jam. Lalu masuk kamar mandi, dan kita mendengar suara air keran yang mengucur. Saat berangkat kerja atau kuliah, kita menghadapi aneka suara di perjalanan, dari suara klakson kendaraan sampai suara decit rem. Dan aneka suara itu terus susul menyusul tanpa henti, dari waktu ke waktu.

Meski telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, tidak semua suara terasa nyaman bagi telinga manusia. Sebagian suara ada yang terasa menjengkelkan atau menyakiti telinga, sebagian lain bahkan ada yang sampai dibenci karena terdengar sangat menyakitkan atau menjijikkan.

Dalam ilmu akustik manusia, suara diasosiasikan dengan emosi memori dan pengalamam yang berasal dari alam bawah sadar. Asosiasi inilah yang kemudian membuat suara-suara tersebut bisa mengganggu emosi seseorang.

Berdasarkan penelitian, berikut ini adalah tujuh jenis suara yang paling dibenci manusia, karena dapat menimbulkan aneka emosi yang negatif, dan dianggap paling menyebalkan di seluruh dunia.

1. Suara muntah

Menurut sebuah riset yang dilakukan di Inggris, suara orang yang sedang muntah adalah suara paling menyebalkan, lebih menyebalkan dibandingkan suara bising klakson mobil. Disengaja atau tidak, suara ini akan mendorong perasaan jijik, dan memancing orang lain untuk ikut muntah.

2. Menggaruk kuku di papan

Bagi sebagian orang, aksi menggaruk sesuatu pada papan merupakan salah satu cara yang efektif untuk membuat mereka kesal.

Fakta mengatakan, suara berdecit yang dihasilkan merupakan salah satu suara yang paling mengganggu di dunia. Ini dikarenakan intonasi suaranya yang sangat tinggi, yang menyebabkan perasaan tidak nyaman pada otak dan telinga.

3. Alarm mobil

Alarm mobil seringkali dianggap salah satu suara yang paling menyebalkan di telinga, bukan hanya bagi pencuri tapi juga orang-orang yang ada di sekitarnya. Alasannya, suara tersebut kadang muncul tanpa sebab yang pasti.

Bahkan, alarm sering kali berbunyi hanya karena dipicu oleh sesuatu yang tidak berkaitan dengan tindak pencurian, misalnya akibat kucing yang tiba-tiba melompat. Menurut beberapa ahli, suara alarm mobil dianggap sangat menganggu, karena bisa membangkitkan kenangan buruk.

4. Mendengkur

Suara mendengkur dianggap mengganggu, dengan alasan yang sangat valid, yakni kesehatan. Suara mendengkur di malam hari otomatis membuat waktu tidur orang yang ada di sekitarnya terganggu.

Selain itu, menurut ilmu medis, kurang tidur dapat mengganggu kesehatan, baik pikiran mapun tubuh. Jadi, jika Anda punya masalah dengan mendengkur, ada baiknya mulai memeriksakannya ke ahli.

5. Suara alarm jam

Meskipun kadang berupa suara musik, respons pertama yang sangat mungkin Anda lakukan saat mendengarnya adalah kesal. Ketidaksukaan Anda terhadap suara alarm memang murni disebabkan masalah emosi. Bayangkan saja jika Anda harus terbangun dari tidur nyenyak dan mimpi yang sangat indah.

6. Ban berdecit akibat rem

Semua pasti setuju jika suara yang satu ini dianggap cukup memekakkan telinga. Frekuensinya yang terlalu tinggi memungkinkan suara ini tidak disukai telinga manusia.

Selain itu, suara decit ban yang dihasilkan akibat mengerem sering diasosiasikan dengan kecelakaan. Hal yang sering membuat kita dilanda kepanikan.

7. Besi dipukul dengan besi

Suara yang satu ini bisa bikin telinga kita berdenging, bahkan setelah suara itu hilang. Karenanya, mendengarkan suara besi yang ditempa terus menerus bisa mengakibatkan ketulian.

Baca juga: Ternyata, Mandi Setiap Hari Tidak Baik untuk Kesehatan

Related

World's Fact 8960194130578622852

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item