5 Tips Menjadi Kaya dari Kebiasaan Orang-orang Super Kaya

5 Tips Menjadi Kaya dari Kebiasaan Orang-orang Super Kaya

Naviri Magazine - Bagaimana cara menjadi pintar? Mungkin kita bisa meniru orang-orang yang terkenal pintar, lalu meneladani kebiasaan mereka dalam belajar. Begitu pula dengan cara menjadi kaya. Untuk menjadi kaya, kita bisa meniru orang-orang kaya dalam membangun dan menjalankan bisnis mereka, dalam kegigihan berusaha dan pantang menyerah, serta dalam ketabahan ketika terpuruk.

Orang-orang super kaya di dunia punya kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa diteladani, dan bisa kita jadikan pelajaran sebagai upaya untuk bisa sukses atau kaya seperti mereka. Di antara banyak kebiasaan baik yang bisa ditiru dari mereka, berikut ini lima di antaranya.

1. Hemat

Dengan uang yang begitu banyak, orang kaya bisa membeli apa saja. Namun tak berarti mereka harus foya-foya. Mereka juga berhemat. Warren Buffett termasuk miliuner yang mau berhemat.

2. Bangkit dari kegagalan

Jangan melihat orang-orang kaya dari kondisi mereka saat ini. Jalan mereka tak selalu mulus. Mereka hanya minim mengeluh jika menghadapi masalah. Bahkan ketika masalah itu membuat mereka bangkrut. Mereka akan mencari jalan, lalu berusaha bangkit dari keterpurukan.

Steve Jobs dipecat dari Apple, perusahaan yang didirikannya, saat berusia 30 tahun. Namun, ia kembali menjadi tulang punggung Apple dengan produk-produk andalan yang menguasai dunia. Misalnya i-Pad. Sebelum kembali ke Apple, Steve Jobs bangkit dengan mendirikan perusahaan media, Pixar, yang memproduksi film Finding Nemo.

3. Menjaga reputasi 

Orang-orang sukses bisa menjaga nama baik dan reputasinya. Ketika satu masalah menimpa, mereka tidak terpuruk. Peluang baru akan ditemukan. Seperti Steve Jobs, ketika ia dikeluarkan dari Apple, ia masih bisa mendapat dukungan pendanaan dari pihak ketiga karena reputasi yang dimilikinya. Ini terbukti membuatnya bangkit.

4. Cerdik dalam bertindak 

Orang-orang kaya tidak begitu saja menghambur-hamburkan uangnya. Mreka harus tahu uang yang dikeluarkan untuk apa, termasuk saat mereka memberikannya pada seseorang. Sebab, bisa saja uang tersebut digunakan untuk hal-hal tak patut, yang bisa menyeretnya ke masalah.

5. Membeli barang dengan menawar

Mungkin Anda heran melihat miliuner menawar barang yang diinginkannya. Namun, banyak di antara mereka yang melakukan hal tersebut. Menawar atau menunggu harga barang turun merupakan cara untuk berhemat.

Salah satu contohnya adalah John Paulson, seorang fund manager. Ketika menginginkan rumah impiannya, ia harus menunggu rumah itu masuk pasar lelang agar mendapatkan harga termurah. Padahal bisa saja ia langsung membelinya.

Ternyata para billionaire lain pun demikian. Mereka tak segan negosiasi untuk mendapatkan harga murah tatkala membeli sesuatu.

Baca juga: Mengapa yang Kaya Makin Kaya, dan yang Miskin Makin Miskin?

Related

Money 5950635386807139437

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item