Zaman Ordovisum, Punahnya Makhluk-makhluk Pertama di Bumi

Zaman Ordovisum, Punahnya Makhluk-makhluk Pertama di Bumi

Naviri.Org - Ketika Bumi terbentuk, lalu muncul kehidupan di dalamnya, prosesnya membutuhkan waktu sangat lama. Bersama perjalanan proses itu, terjadi kehidupan dan kepunahan yang terus berganti, dan kepunahan pertama di Bumi dimulai pada suatu era yang disebut Zaman Ordovisum.

Pada awal hingga pertengahan Zaman Ordovisum, kondisi Bumi saat itu masih hangat dengan kelembapan atmosfer yang ideal buat kehidupan. Memasuki Zaman Akhir Ordovisium (sekitar 443 juta tahun yang lalu), semuanya berubah secara ekstrem, ketika benua tua Gonwana mencapai kutub selatan. Suhu turun secara drastis dan es pun terbentuk di mana-mana, menurunkan permukaan air laut.

Penyebab kepunahan yang terjadi di zaman es ini karena berkurangnya kandungan karbon dioksida di atmosfer dan lautan. Keadaan ini menyebabkan jumlah tumbuh-tumbuhan menurun drastis karena kegagalan fotosintesis.

Sebagai konsekuensinya terjadi kekacauan ekosistem, karena tumbuhan sebagai produsen makanan lenyap seketika. Sekitar 86% populasi makhluk hidup lenyap dalam kurun waktu 3 hingga 2 juta tahun.

Beberapa organisme yang tinggal di laut dan terkena dampak kepunahan pertama ini adalah Brachiopods, Conodonts, Acritarchs, Bryozons, dan juga Trilobites.

Baca juga: Masa Holosen, Kehidupan Setelah Zaman Es Berakhir

Related

Science 2752576924480059578

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item