5 Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2030

5 Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2030

Naviri Magazine - Seiring makin canggihnya teknologi, khususnya dalam bidang robotik dan kecerdasan artifisial, banyak pekerjaan yang semula ditangani manusia berganti ditangani robot atau kecerdasan buatan. Pekerjaan yang bersifat mengulang-ulang, biasanya akan digantikan robot, karena teknologi robot mampu melakukan hal semacam itu, bahkan dengan lebih cepat serta tanpa istirahat.

Begitu pula dengan pekerjaan semacam customer service. Makin hari, kecerdasan artifisial makin cerdas dan makin bisa berkomunikasi seperti manusia. Pelan namun pasti, mereka akan menggantikan orang-orang yang selama ini bekerja di bidang customer service dan semacamnya.

Karena itu pula, makin hari diprediksi akan makin banyak pekerjaan manusia yang akan diambil alih oleh teknologi, robot dan kecerdasan artifisial, seiring mereka makin canggih. Meski begitu, manusia akan tetap memiliki pekerjaan, khususnya pada bidang kerja yang sulit digantikan robot atau kecerdasan buatan. Terkait hal itu, berikut ini adalah 5 jenis pekerjaan yang diprediksi akan naik daun sekitar satu dekade mendatang.

Guru

Menurut Carolyn Fairchild, Managing News Editor dari LinkedIn yang menganalisis hasil studi The McKinsey Global Institute, pada tahun 2030 pekerjaan yang membutuhkan interaksi manusia, yaitu guru, akan sangat dicari.

Ya, meski banyak hal yang bisa dipelajari sendiri dari internet, ilmu yang diperoleh dari orang lain—termasuk pelajaran berinteraksi dengan manusia lain—tetaplah penting.

Perawat orang tua

Pada tahun 2030, ungkap Fairchild, di seluruh dunia setidaknya akan ada 300 juta lebih orang yang akan berusia di atas 65 tahun. Jadi bisa dipastikan kebutuhan perawat untuk para orang tua akan semakin meningkat.

Manajer

Kemampuan mengatur pegawai akan menjadi kunci penting di masa depan—terutama Anda yang berpendidikan tinggi. Jadi segera perbarui CV Anda, dan tonjolkan kemampuan kepemimpinan Anda di dalamnya.

Ilmuwan dan peneliti

Dengan meningkatnya masalah pemanasan global, dibutuhkan semakin banyak ilmuwan dan peneliti untuk menyelamatkan bumi. Menurut Fairchild, investasi besar di bidang pembaharuan energi akan membuat sekitar 20 juta pekerjaan baru.

Konsultan IT

Dengan meningkatnya perusahaan teknologi di berbagai sektor, diperkirakan akan ada 20-50 juta pekerjaan baru yang membutuhkan konsultan IT.

Baca juga: Karier Kekinian, Menikmati Hobi dan Dapat Bayaran!

Related

Career 7223521238454926423

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item