Agar Bodi Mobil Selalu Mengilap, Coating saja Tidak Cukup

 Agar Bodi Mobil Selalu Mengilap, Coating saja Tidak Cukup

Naviri Magazine - Para pemilik mobil tentu ingin mobilnya selalu tampak mengilap, seperti saat baru keluar dari diler. Sayangnya, bagaimana pun, kondisi mengilap itu akan pudar perlahan-lahan, seiring mobil sering dipakai. Setelah sering terkena panas dan hujan, mobil yang semula mengilap berubah kusam. Ketika itu terjadi, sebagian orang menggunakan coating untuk mengembalikan kilap mobil.

Coating, alias menambahkan lapisan khusus, adalah cara paling umum yang dilakukan banyak orang yang ingin mobil menjadi kinclong dan tidak kusam. Meski begitu, mayoritas orang yang melapisi bagian eksteriornya dengan coating akan mengeluhkan efek mengilap mobilnya yang mulai pudar dalam hitungan bulan.

"Paradigma hampir semua konsumen—mungkin 10 dari 10—,'kalau saya udah coating, saya enggak perlu perawatan apapun.' Ibaratnya, ngapain udah bayar mahal kok masih susah-susah. Itu yang salah," terang Presiden Direktur XTO Indonesia, Christopher Sebastian, saat peluncuran produk XTO Car Care, di Jakarta.

Padahal, setelah mobil di-coating, tetap harus mendapat perawatan lebih intens, bukan sekadar dicuci. Hal ini dikarenakan, seiring berjalannya waktu, lapisan coating yang membuat mobil mengilap bisa menghilang akibat tertutup jamur, kerak air, sampai oksidasi.

"Mau secanggih apapun coating-nya, yang Rp 35 juta sekalipun, kalau satu bulan enggak dirawat akan sia-sia," tambah Christoper lagi.

Dari situlah, dia menghadirkan produk untuk merawat coating yang dinamakan XTO Fondation Coat, yang bekerja menjaga kilap kendaraan. Ada juga produk-produk seperti XTO Spotless yang membersihkan kerak jamur dan air pada permukaan kendaraan yang dilapisi coating, dan XTO Base Coat untuk membersihkan sisa residu, minyak, serta debu pada permukaan cat sebagai produk pendukungnya.

Tiga produk ini hanya sedikit dari 16 produk yang dikenalkan XTO untuk perawatan menyeluruh pada kendaraan, mulai dari bodi, velg, sampai interior kendaraan. Semua produk ini dijanjikan mudah digunakan, bermodal kain microfiber saja cukup untuk menjaga dan merawat kondisi mobil.

"XTO adalah produk berkualitas tinggi yang telah diuji secara menyeluruh, untuk memenuhi kebutuhan para detailing profesional, baik dari segi kualitas, daya tahan, maupun kemudahan dalam penggunaan," tambah dia.

Langkah melakukan perawatan ini dinilai lebih baik dilakukan ketimbang melakukan kompon, yang selama ini menjadi langkah yang diambil untuk mengembalikan keadaan kendaraan saat lapisan coating dirasa mulai hilang.

Baca juga: Hati-hati, Ini Bahaya Mengemudi Tanpa Memakai Alas Kaki 

Related

Tips 2023174616711585837

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item