Lakukan Hal-hal Ini, agar Tidak Terkena Penyakit Jantung

Lakukan Hal-hal Ini, agar Tidak Terkena Penyakit Jantung

Naviri Magazine - Jauh lebih baik mencegah daripada mengobati, khususnya terkait masalah jantung. Ketika penyakit itu benar-benar datang, upaya untuk menyembuhkannya butuh waktu lebih lama, serta biaya dan lain-lain. Karenanya, daripada menunggu penyakit jantung datang dan berusaha mengobatinya, jauh lebih baik jika kita berusaha mencegahnya.

Berikut ini adalah kiat-kiat dan kebiasaan yang bisa kita lakukan untuk mencegah agar penyakit jantung tidak datang.

Gaya hidup sehat seperti bangun lebih pagi, tidur tidak terlalu larut malam, menghindari rokok dan minuman beralkohol.

Pola makan yang sehat (memperbanyak makan makanan berserat dan bersayur, serta tidak terlalu banyak makan makanan berlemak dan berkolesterol tinggi).

Olahraga yang teratur dan tidak berlebihan.

Untuk benar-benar mengurangi risiko penyakit jantung, seseorang harus benar-benar berhenti merokok.

Konsumsi suplemen vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan, mengurangi konsumsi garam dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Konsumsi garam dapat meningkatkan tekanan darah. Pada percobaan diet rendah garam menunjukkan risiko penyakit jantung hingga 25%, dan risiko serangan jantung hingga 20%.

Olahraga atau gerak badan dapat mengurangi risiko mendapatkan penyakit jantung. Karena olahraga menyebabkan terbukanya lebih banyak pembuluh darah. Bahkan bila kita berolahraga dalam waktu lama, saluran darah tambahan dapat terbentuk di dalam jantung.

Pembuluh darah koroner akan berkembang ukurannya, dan di sekitar tempat dimana terjadi penyumbatan akan bertumbuh jalan pembuluh baru untuk mengalirkan darah. Aliran darah baru tersebut tetap mendapatkan oksigen hingga warnanya tetap merah jambu.


Related

Tips 2406692669467175560

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item