Alpha Centauri, Bintang yang Paling Dekat dengan Matahari

Alpha Centauri, Bintang yang Paling Dekat dengan Matahari

Naviri Magazine - Sistem bintang yang terdekat dengan Matahari adalah Alpha Centauri. Bintang dalam kompleks tersebut yang memiliki posisi terdekat dengan Matahari adalah Proxima Centauri, sebuah bintang berwarna merah redup, yang terdapat dalam rasi bintang Centaurus.

Jarak Matahari ke Proxima Centauri sejauh 4,3 tahun cahaya (39.900 juta kilometer, atau 270 ribu unit astronomi), kurang lebih 270 ribu kali jarak Matahari ke Bumi.

Para ahli astronomi mengetahui bahwa benda-benda angkasa senantiasa bergerak dalam orbit masing-masing, sehingga perhitungan jarak dilakukan berdasarkan pada perubahan posisi suatu bintang dalam kurun waktu tertentu, dengan berpatokan pada posisinya terhadap bintang-bintang sekitar. Metode pengukuran itu disebut parallaks (parallax).

Benda apa yang terjauh dari matahari dalam tata surya kita?

Dalam sistem tata surya kita, kabut Oort adalah benda yang letaknya paling jauh dari Matahari. Kabut itu jauhnya 100 kali jarak Matahari ke Pluto. Kabut itu terdiri dari batuan dan es yang mengelilingi tata surya kita.

Baca juga: Mengapa Terjadi Gerhana Matahari Total?

Related

Science 2409726934972867821

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item