Asal Usul Lahirnya Mesin Penyedot Debu di Dunia

  Asal Usul Lahirnya Mesin Penyedot Debu di Dunia

Naviri Magazine - Penemu mesin penyedot debu adalah Ives McGaffey dari Amerika, dengan menggunakan ide sederhana, yaitu membalik sistem kerja pompa udara. Ia membuat prototipe mesinnya pertama kali pada tahun 1871, dan dinamai Aspirator. Alat itu digerakkan mesin uap, mengeluarkan suara yang keras, dan hanya cocok digunakan untuk pabrik berskala besar.

Pada tahun 1901, Hubert Cecil Booth dari Inggris, pemilik perusahaan Vacuum Cleaning Company, membuat mesin penyedot debu yang menggunakan listrik, tetapi alat itu pun masih sangat besar sehingga kurang efisien.

Tujuh tahun kemudian, pada 1907, James Murray Spangler dari Amerika membuat mesin penyedot debu yang dioperasikan listrik, dan berukuran kecil sekaligus ringan, sehingga mudah digunakan. Penemuannya itu ia jual kepada William H. Hoover, seorang pembuat pelana kuda.

Hoover lalu memproduksi alat itu secara massal dengan nama Hoover Model O, dan sejak itu Hoover menjadi salah satu pembuat mesin penyedot debu terkemuka di dunia.


Related

Technology 124448604312762426

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item