Asal Usul Ras Manusia yang Kini Hidup di Dunia

 Asal Usul Ras Manusia yang Kini Hidup di Dunia

Naviri Magazine - Dengan 7 miliar penduduk yang saat ini hidup bersama, manusia terdiri dari banyak ras dan keturunan. Namun, sebenarnya, hanya ada tiga ras besar manusia, yaitu Kaukasoid, Mongoloid, dan Negroid. Sub-ras seperti Australonoid, Melanosoid, dan lain-lain, bisa diklasifikasikan ke dalam 3 ras tersebut.

Seperti Australonoid, misal orang Aborigin di Australia, secara genetik tidak berbeda dengan orang-orang Kaukasoid. Yang membedakan hanya warna kulit mereka yang hitam seperti orang negro.

Kaukasoid adalah ras terbesar di dunia, kurang lebih 55% populasi dunia berasal dari ras tersebut. Mongoloid menduduki urutan kedua, dengan sekitar 30%, dan kebanyakan merupakan orang dengan kewarganegaraan RRC.

Ketika membicarakan Kaukasoid, kebanyakan orang membayangkan kulit putih, tinggi dan besar. Tetapi berdasar genetical traits, orang-orang India yang berkulit hitam juga merupakan bagian dari ras Kaukasoid.

Banyak faktor yang menentukan. Seperti misal 'bau badan' (body odour). Bau badan ini dihasilkan oleh kelenjar apokrin. Orang-orang dari ras Mongoloid umumnya hanya menghasilkan sedikit kelenjar apokrin, dan menyebabkan mereka memiliki lebih sedikit bau badan.

Menurut survei, orang-orang Korea adalah yang paling sedikit memiliki kelenjar apokrin, bahkan 50% dari mereka tidak memiliki kelenjar ini sama sekali, dan artinya tidak memiliki bau badan.

Orang-orang dari ras Kaukasoid dan Negroid menghasilkan lebih banyak kelenjar apokrin, dibandingkan orang-orang ras Mongoloid. Oleh sebab itu mereka menghasilkan bau badan yang lebih, dibanding ras Mongoloid. Tetapi, genetic traits seperti ini terjadi karena proses adaptasi dengan lingkungan di mana mereka tinggal, dan evolusi memainkan peranan.

Orang India, walaupun tinggal di Asia, memiliki karakteristik seperti orang Kaukasoid. Di India ada 2 ras besar, yaitu ras Indo-Aryan dan ras Dravida.

Seperti Shahrukh Khan atau Aisyhawa Rai, mereka berasal dari ras Indo Aryan, dan mereka masuk dalam golongan Kaukasoid. Kalau orang-orang Tamil yang rambutnya ikal, umumnya masuk dalam ras Negroid, dan sebagian masuk dalam golongan Kaukasoid (mereka campuran antara Sub-European dan Negroid genetics).

Melanosoid, di lain sisi, seperti campuran antara Mongoloid dan Negroid, dan memiliki ciri seperti orang-orang Mongoloid, tetapi dengan kulit lebih gelap, kelenjar apokrin yang lebih banyak, dan metabolisme yang lebih tinggi.


Related

Science 5033105589203762750

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item