Biografi Graham Greene, Penulis Terkenal Asal Inggris

 Biografi Graham Greene, Penulis Terkenal Asal Inggris

Naviri Magazine - Dilahirkan di Berkhamsted, Hertfordshire, pada 2 Oktober 1904, Henry Graham Greene adalah penulis, dramawan, dan kritikus sastra terkenal Inggris. Karya-karyanya mengeksplorasi isu-isu moral dan politik ambivalen dari dunia modern. Greene terkenal karena kemampuannya dalam menyuguhkan sastra serius dalam bentuk yang populer.

Setelah lulus dari pendidikan sejarah di Balliol College, Oxford, Greene bekerja sebagai jurnalis di Nottingham Journal, lalu menjadi redaktur di koran The Times.

Pada tahun 1929, Greene menulis novel pertamanya, “The Man Within”, dan setelah itu ia keluar dari pekerjaannya di The Times, karena memutuskan untuk bekerja sebagai penulis novel penuh waktu.

Satu tahun kemudian, pada 1930, novel keduanya terbit, berjudul “The Name of Action”, yang disusul novel ketiga, “Rumour at Nightfall” yang terbit pada tahun 1932. Sejak itulah karya-karya Greene mulai dikenal masyarakat luas, dan menempatkan namanya sebagai salah satu novelis yang layak diperhitungkan.

Selain menulis novel, Greene juga menulis cerita pendek dan naskah drama, yang juga ditulisnya dengan bagus. Sebagian besar novelnya juga difilmkan, sehingga ia dijuluki sebagai “salah satu penulis sinematik abad ke-20”.

Selama menulis dalam periode 1929-1991, Greene telah banyak melahirkan karya-karya penting, di antaranya “The Power and The Glory”, “The Third Man”, dan “The Ministry of Fear”. Pada tahun 1986, ia dianugerahi penghargaan Britain’s Order of Merit.

Graham Greene meninggal dunia pada 3 April 1991, dalam usia 86 tahun.

Baca juga: 7 Penulis Indonesia yang Karyanya Diterjemahkan untuk Dunia

Related

Figures 665457027671906579

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item