Bulgaria, Negara Eropa yang Dikelilingi Pegunungan

Bulgaria, Negara Eropa yang Dikelilingi Pegunungan

Naviri Magazine - Berdiri pertama kali pada tahun 632, Bulgaria adalah negara di Eropa Tenggara. Bulgaria berbatasan dengan lima negara, yatu Rumania di utara (sebagian besarnya di sepanjang Sungai Donau), Serbia, dan Republik Makedonia di barat, serta Yunani dan Turki di selatan. Laut Hitam membatasi negara ini di sebelah timur.

Bulgaria menjadi negara terluas ke-16 di Eropa, dengan luas wilayah 110.994 kilometer persegi. Beberapa kawasan pegunungan membatasi bentang alamnya, yang paling terkenal adalah Pegunungan Balkan dan Pegunungan Rodopi, juga Pegunungan Rila, yang terdapat puncak tertinggi di kawasan Balkan, yaitu Puncak Musala.

Sebaliknya, Dataran Donau di utara dan Dataran Trakia Atas di selatan menjadi titik terendah sekaligus sebagai kawasan tersubur di Bulgaria.

Pesisir Laut Hitam sepanjang 378 kilometer meliputi seluruh batas timur negara ini. Pusat pemerintahan sekaligus kota terbesar Bulgaria adalah Sofia.

Bulgaria termasuk anggota Uni Eropa, NATO, Perserikatan Bangsa-Bangsa, Majelis Eropa, WTO, dan negara pendiri OSCE, serta Organisasi untuk Kerjasama Laut Hitam.

Baca juga: Denmark, Negara Nordik Paling Kecil dan Paling Tua

Related

World's Fact 7902310754583310947

Recent

item