Perbedaan Burung Kakatua Biasa dengan Kakatua Raja

Perbedaan Burung Kakatua Biasa dengan Kakatua Raja

Naviri Magazine - Burung kakatua raja memiliki ukuran yang lebih besar dibanding burung kakatua lain. Panjang tubuhnya bisa mencapai 59-68 sentimeter, dari kepala hingga ekor.

Sedang beratnya bisa mencapai 500-900 gram untuk yang betina, dan 550-1.000 gram untuk yang jantan. Karena ukurannya yang terbesar di antara kakatua yang lain itulah yang menjadikan burung ini disebut kakatua raja.

Seperti kakatua lain, kakatua raja juga memiliki jambul panjang yang menyerupai surai di atas kepalanya. Jambul kakatua raja berwarna hitam, begitu pun seluruh tubuhnya. Karenanya, burung ini pun kadang disebut kakatua hitam.

Di mana kakatua raja hidup?

Habitat kakatua raja tersebar di pulau Irian dan Australia bagian utara. Sebagaimana jenis kakatua yang lain, mereka menghuni hutan primer dan sekunder yang tinggi, hutan yang rusak, juga daerah yang memiliki ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Mereka suka memakan biji-bijian, dan menggunakan paruhnya untuk menahan serta membuka biji-bijian dalam mulutnya. Di alam bebas, kakatua raja senang hidup berpasangan dan bernyanyi bersama. Umumnya, setiap pasangan memiliki wilayah teritorial sendiri.

Pada saat ini, kakatua raja menjadi salah satu hewan langka, akibat hutan yang menjadi habitatnya banyak dirusak dan ditebang. Selain itu, karena penampilannya yang cantik, hewan ini pun sering diburu, sehingga populasinya di alam semakin berkurang.

Baca juga: Cara Burung Pemangsa Menangkap Mangsanya

Related

Science 1773402794557782596

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item