Terbuat dari Apakah Cula Badak, dan Apa Fungsinya?

Terbuat dari Apakah Cula Badak, dan Apa Fungsinya?

Naviri Magazine - Cula badak terbuat dari sejenis protein yang disebut keratin (seperti pada rambut dan kuku manusia) yang sangat keras. Bagi badak, cula adalah senjata yang berguna dalam perkelahian dan menakuti banyak pemangsa.

Namun, karena cula yang dimilikinya itu pula, badak diburu dan dibunuh manusia. Banyak orang yang meyakini bahwa cula badak memiliki kekuatan magis dan dapat menyembuhkan penyakit.

Dalam pengobatan tradisional, serbuk dari cula badak sering diberikan pada orang yang menderita sakit panas, juga untuk menjadi obat penambah tenaga. Di Yaman Utara, cula badak bahkan dipahat untuk digunakan sebagai pegangan belati.

Di manakah badak hidup?

Badak hitam dan badak putih hidup di daerah Afrika. Sebagaimana namanya, badak Jawa hidup di pulau Jawa, badak Sumatera hidup di pulau Sumatera, sementara badak India hidup di India. Semuanya negara di Asia.

Namun, badak juga dipelihara di kebun binatang di seluruh dunia, dan sekarang banyak tempat perlindungan cagar alam dibangun untuk perkembangbiakan hewan ini untuk menyelamatkannya dari kepunahan.

Baca juga: Fakta di Balik Sayap Penguin yang Sangat Kecil

Related

Science 6698463071987887574

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item