Denmark, Negara Nordik Paling Kecil dan Paling Tua

Denmark, Negara Nordik Paling Kecil dan Paling Tua

Naviri Magazine - Kerajaan Denmark berdiri pertama kali pada tahun 950, dan merupakan negara Nordik yang paling kecil, paling tua, serta paling selatan. Denmark terletak di sebelah barat daya Swedia dan sebelah selatan Norwegia.

Denmark berbatasan dengan Laut Baltik dan Laut Utara. Wilayahnya meliputi semenanjung di Jerman utara bernama Jylland (Jutlandia), Kepulauan Fyn (Funen), Sjælland (Zealand), Vendsyssel-Thy, Lolland, Falster, Bornholm, dan ratusan pulau kecil, yang sering disebut Kepulauan Denmark.

Negara ini menganut monarki konstitusional dan sistem pemerintahan parlementer. Denmark memiliki satu pemerintah pusat dan 98 munisipalitas sebagai pemerintah daerah.

Denmark telah menjadi anggota Uni Eropa sejak 1973, tapi sampai sekarang masih belum bergabung dalam euro zone. Denmark adalah salah satu pendiri NATO dan OECD, serta termasuk anggota OSCE.

Baca juga: Swiss, Negara Paling Netral di Dunia

Related

World's Fact 910007878550384595

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item