Fakta-fakta Unik Seputar Tuyul, Si Pencuri Uang

Fakta-fakta Unik Seputar Tuyul, Si Pencuri Uang

Naviri Magazine - Di antara banyak hantu atau makhluk gaib yang menjadi bagian legenda dan mitologi Nusantara, tuyul adalah salah satunya. Berbeda dengan makhluk-makhluk gaib lain, tuyul memiliki tugas unik, yaitu mencuri uang. Karenanya, tuyul biasanya dipelihara seseorang yang menjadi majikan, dan tuyul yang dipelihara akan mencarikan uang buat si majikan.

Meski keberadaannya belum jelas bisa dibuktikan, banyak orang yang mempercayai tuyul benar-benar ada. Terlepas dari kita percaya atau tidak mengenai keberadaan tuyul, berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar tuyul.

Tuyul makhluk pencuri uang

Sudah jelas bahwa tuyul adalah makhluk pencuri uang, karena banyak yang menggunakan jasanya untuk pesugihan. Tugas tuyul adalah mencuri uang. Jika sudah terkumpul, uang tersebut diserahkan kepada majikannya. Tuyul melakukan kegiatan mencuri secara gaib, jadi orang-orang tidak akan tahu ketika ia datang untuk mencuri.

Tuyul berwujud seram

Nyatanya, tuyul memiliki wujud seram. Walaupun berwujud anak kecil, tuyul tidak imut-imut seperti yang kalian bayangkan. Tuyul memiliki tinggi sekitar 20 cm, berkepala botak, dengan wajah seram, memiliki gigi bertaring, dan bertelinga runcing, badannya berlendir seperti bayi yang baru lahir.

Tuyul takut cermin

Karena tuyul sadar sosoknya seram, dia takut melihat wajahnya sendiri. Sifat tuyul yang takut dengan cermin ini bermanfaat untuk menjaga uang supaya tak diambil tuyul. Kalian bisa meletakkan cermin di depan brankas uang. Hal itu akan membuat tuyul tidak bisa mengambil uang, karena takut pada wajahnya sendiri.

Tuyul suka bermain kepiting

Tuyul sangat suka bermain kepiting, terutama anak kepiting. Jika kalian memelihara kepiting di rumah, uang kalian akan aman karena tuyul akan sibuk bermain dengan kepiting, hingga lupa mencuri uang.

Tuyul suka digendong 

Layaknya anak-anak, tuyul juga suka digendong, dia suka meminta majikannya untuk jalan-jalan. Biasanya, tuyul suka digendong di bagian belakang, maka si majikan tuyul biasanya meletakkan tangan di bagian belakang, seolah sedang menggendong anak kecil, dan berjalan mengelilingi kampung.

Tuyul suka ngambek

Wataknya sama seperti anak kecil, jika majikan tidak melayani dengan baik maka tuyul akan ngambek. Bila disuruh mencuri uang ke tempat yang majikan tuju, tuyul akan pergi ke tempat lain untuk mencari makan. Itu cara tuyul dalam menunjukkan kejengkelannya pada majikan.

Tuyul suka rumah berwarna-warni 

Tuyul sangat suka warna-warna mencolok seperti halnya anak kecil meyukai warna-warna cerah. Karena itu sang majikan biasanya mengecat rumahnya berwarna-warni, dengan tujuan supaya tuyul betah berada di rumahnya.

Baca juga: Mengenal 4 Jenis pesugihan untuk Mendatangkan Kekayaan

Related

Mistery 2416617300402568571
item