Gurun Luth, Tempat Paling Panas di Muka Bumi

Gurun Luth, Tempat Paling Panas di Muka Bumi

Naviri Magazine - Sebelumnya, wilayah El Aziza di Libya dianggap sebagai tempat paling panas di muka Bumi, karena memiliki suhu 57,7 derajat Celcius.

Namun, penemuan baru menunjukkan ada tempat yang lebih panas dari El Aziza, yaitu wilayah Gurun Luth di Iran yang tercatat memiliki suhu 70,7 derajat Celicus. Karena itu pula, saat ini Gurun Luth adalah tempat paling panas di muka Bumi.

Penempatan kawasan Luth sebagai tempat paling panas di Bumi diperoleh setelah David Mildrexler bersama koleganya dari University of Montana, Amerika Serikat, melakukan penelitian selama tujuh tahun menggunakan data satelit inframerah untuk menunjukkan suhu permukaan Bumi.

Yang menjadikan kawasan Luth di Iran terlambat ditemukan sehingga suhunya yang luar biasa baru diketahui akhir-akhir ini, karena tempat itu secara iklim sangat keras dan sulit diakses.

Titik terpanas Bumi tidak bisa diukur secara langsung menggunakan instrumen berbasis daratan, sementara Gurun Luth memiliki semua kondisi untuk suhu ekstrim, mulai dari kering, berbatu, dan tanah berwarna gelap.

Baca juga: Kepulauan Marshall, Negara di Tengah Samudera Pasifik

Related

World's Fact 7063888894715770062
item