Helix Aspersa, Siput dengan Kemampuan Berjalan Tercepat

Helix Aspersa, Siput dengan Kemampuan Berjalan Tercepat

Naviri Magazine - Sebagian besar siput bergerak dengan sangat lambat, sehingga tidak ada yang tertarik ingin mengetahui kecepatan lari mereka. Namun, siput yang pernah dicatat sebagai siput paling cepat adalah sebuah siput kebun yang bernama Helix Aspersa. Siput jenis itu dapat bergerak dengan kecepatan 0,05 kilometer per jam.

Bagaimana cara siput bernapas?

Siput dan bekicot mengubah bagian dinding mantel (bagian kulit siput) menjadi semacam paru-paru. Paru-paru itu disuplai udara oleh pembuluh-pembuluh darah dengan baik, dan organ itu terhubung dengan udara di luar melalui lubang khusus yang dapat dibuka dan ditutup.

Kita dapat melihat lubang tersebut di bagian kanan tubuh siput atau bekicot ketika mereka sedang merentang keluar.

Apakah semua siput pemakan tanaman?

Sebagian besar siput adalah pemakan tanaman. Sebagian lagi juga merupakan hama, karena mereka menyerang tanaman pertanian. Namun, sebenarnya banyak pula siput yang lebih memilih untuk memakan tanaman yang mati atau membusuk.

Ada pula siput yang disebut Tetacella, yang merupakan pemakan daging. Mereka biasanya masuk ke dalam tanah dan memburu cacing. Siput tersebut menangkap cacing dengan lidahnya, lalu mengisap cacing mangsanya ke dalam mulut mereka.


Related

Science 3945235153338185240

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item