Kisah Penemuan Berlian Terbesar di Dunia

Kisah Penemuan Berlian Terbesar di Dunia

Naviri Magazine - Sebuah berlian, yang dianggap paling besar di dunia, ditemukan di tambang berlian Pretoria, Afrika Selatan, pada 26 Januari 1905. Berlian dengan nilai 3.106 karat tersebut kemudian dipotong oleh Joseph Ascher dari Belanda, menjadi 106 buah yang masing-masing potongannya berharga jutaan dollar.

Potongan terbesar berlian tersebut diberi nama “Star of Africa One” dengan nilai 530 karat, dan memiliki 74 irisan. Berlian itu kemudian dihadiahkan kepada raja Inggris waktu itu, Raja Edward VII, dan sampai sekarang masih tersimpan di Menara London.

Penemuan “Star of Africa One” secara otomatis mengalahkan “Koh-I-Nor”, yang sebelumnya dianggap sebagai berlian terbesar yang pernah ditemukan. “Koh-I-Nor” ditemukan di India pada tahun 1304. Ketika tentara Inggris menduduki daerah Punjab pada tahun 1849, berlian 186 karat itu dirampok oleh mereka, dan dipersembahkan pada Ratu Victoria.

Sama seperti “Star of Africa One”, berlian “Koh-I-Nor” juga ditangani oleh pakar berlian di Amsterdam, Belanda, dan sekarang menjadi salah satu penghias mahkota ratu Inggris.

Baca juga: Sejarah dan Konflik Seputar Berlian di Sierra Leone

Related

World's Fact 581265750123482953

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item