Lion’s Mane Jellyfish, Ubur-ubur Terbesar di Dunia

Lion’s Mane Jellyfish, Ubur-ubur Terbesar di Dunia

Naviri Magazine - Ubur-ubur terbesar di dunia adalah Lion’s Mane Jellyfish (Cyanea capillata), yang merupakan spesies terbesar dari jenis ubur-ubur. Hewan ini memiliki diameter mencapai 6 meter, dengan bobot mencapai 200 kilogram, dan tentakelnya dapat menjulur sepanjang 37 meter lebih. Tentakelnya terdiri dari 8 ikatan, yang setiap ikatannya terdiri dari sekitar 100 cabang tentakel.

Ubur-ubur ini diketahui telah ada sejak 650 juta tahun yang lalu, lebih tua dari dinosaurus. Hewan ini memiliki habitat di samudera Arktik, utara samudera Atlantik, dan samudera Pasifik.

Meski ukurannya sangat besar, namun ubur-ubur ini hanya memakan plankton serta ikan-ikan kecil. Hewan laut yang 95 persen tubuhnya terdiri dari air ini biasa berenang di kedalaman yang tidak lebih dari 20 meter, dan hidup di suhu air yang sangat dingin. Rata-rata mereka memiliki masa hidup 1 tahun.

Di samping berukuran raksasa, tentakel ubur-ubur ini juga beracun. Sengatannya bisa menyebabkan iritasi, lecet, kram otot, dan yang terparah bisa mengganggu pernapasan serta fungsi jantung.

Selain Lion’s Mane Jellyfish, ubur-ubur Nomura juga dianggap ubur-ubur terbesar. Nomura adalah ubur-ubur Jepang yang diameternya mencapai 2 meter, sementara beratnya mencapai 220 kilogram.

Ubur-ubur itu hidup di perairan antara Cina dan Jepang, terutama di tengah Laut Kuning dan Laut Cina Timur. Ubur-ubur ini membanjiri perairan Jepang, dan para ilmuwan memperkirakan cuaca serta kondisi air laut di sana sangat ideal untuk pertumbuhan ubur-ubur tersebut.

Ukurannya yang raksasa itu telah menyebabkan masalah di Jepang, karena ubur-ubur ini juga sering menyerang nelayan, bahkan telah memotong industri perikanan di sana.

Pada musim panas 2005, misalnya, ubur-ubur raksasa ini telah menyebabkan ratusan jala rusak, membuat ikan tidak termakan akibat gigitan beracun, juga menyebabkan cedera pada nelayan.

Selain itu, pukat nelayan Jepang pernah ditenggelamkan oleh ubur-ubur ini, bahkan perahu nelayan berukuran 10 GT (gross ton) juga ditenggelamkan olehnya.

Baca juga: 5 Hewan yang Mati Setelah Sekali Bercinta dengan Pasangan

Related

Science 7551107234502649684

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item