6 Manfaat Nyamuk yang Tak Terduga dan Menakjubkan

6 Manfaat Nyamuk yang Tak Terduga dan Menakjubkan

Naviri Magazine - Nyamuk adalah hewan kecil yang ada di mana-mana, dan punya kesan khas; mengganggu! Pasalnya, nyamuk suka menggigit kulit manusia hingga menimbulkan gatal atau bentol, atau suka berputar-putar di dekat telinga manusia hingga menimbulkan suara yang bikin tidak nyaman. Lebih dari itu, nyamuk juga terkenal sebagai sarana pembawa penyakit.

Ada beragam penyakit yang bisa ditularkan lewat nyamuk, dari demam berdarah, malaria, demam kuning, chikungunya, dan lain-lain.

Meski begitu, di balik segala masalah dan gangguan yang ditimbulkannya, nyamuk ternyata juga mendatangkan manfaat, baik bagi manusia maupun bagi makhluk lain. Berikut ini enam di antaranya.

1. Munculnya obat penangkal nyamuk

Adanya masalah nyamuk membuat munculnya perusahaan-perusahaan yang memproduksi obat antinyamuk, mulai dari obat antinyamuk bakar, antinyamuk elektrik, semprotan antinyamuk, hingga lotion antinyamuk.

Bagi perusahaan yang memproduksi produk antinyamuk, jelas keuntungan bagi mereka dalam menghimpun pundi-pundi uang dari konsumen. Dengan adanya perusahaan yang membuat penangkal nyamuk, otomatis lapangan pekerjaan pun terbuka bagi banyak orang.

2. Nyamuk sebagai makanan hewan-hewan

Tidak adanya nyamuk bisa membuat ekosistem alam tidak seimbang. Ketiadaan jentik nyamuk, yang merupakan makanan spesies ikan, akan membuat ikan harus mencari sumber makanan lainnya. Perubahan pola makan ikan akan membuat peta genetik/DNA ikan berubah, dan akhirnya efek dari ikan tersebut akan berpengaruh pada rantai makanan berikutnya, baik hewan maupun manusia.

Selain menjadi makanan ikan-ikan, nyamuk juga menjadi makanan hewan lainnya, seperti katak dan cicak. Adanya nyamuk jelas menguntungkan bagi hewan-hewan tersebut.

3. Nyamuk bermanfaat bagi tanaman

Adanya nyamuk juga memiliki kegunaan bagi tanaman, di antaranya larva nyamuk dapat menghasilkan nitrogen bagi tanaman.

Selain itu, sebagian spesies nyamuk berperan dalam penyerbukan tanaman tropis seperti cokelat (spesies nyamuk dari keluarga ceratopogonids). Tanpanya, tanaman akan terhambat dalam penyerbukan, dan penyebaran tanaman cokelat secara alami ikut terhambat.

4. Sebagai alarm bagi manusia

Sebagaimana diketahui semua orang, nyamuk menyebarkan berbagai penyakit. Adanya nyamuk bisa membuat banyak orang sadar pentingnya menjaga kesehatan. Mulai dari menjaga kebersihan, istirahat yang cukup, berolah raga, hingga makan makanan bergizi, agar senantiasa sehat dan tidak terkena penyakit.

5. Menjaga kebersihan air

Menurut Matan Shelomi, asisten Profesor Entomology, National Taiwan University,  larva nyamuk berguna sebagai penjaga kebersihan air. Larva-larva nyamuk akan memakan detritus di dalam air. Detritus merupakan partikel organis hasil proses penguraian sampah organik dari tumbuhan maupun hewan.

6. Mengeluarkan darah kotor dari tubuh manusia

Nyamuk sering menggigit manusia, dan itu menjengkelkan. Tapi mereka merupakan hewan pembedah ulung.

Nyamuk hanya akan mengisap darah manusia yang mengandung kolesterol tinggi, sehingga otomatis darah kotor yang ada dalam tubuh manusia akan terkeluarkan, dan tubuh manusia pun akan memproduksi darah baru serta memproduksi hemoglobin yang berkurang.

Baca juga: Roadrunner, Burung dengan Kemampuan Lari Tercepat

Related

Science 1286015004521582801

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item