Mengapa Matahari Terbit di Timur dan Tenggelam di Barat?

Mengapa Matahari Terbit di Timur dan Tenggelam di Barat?

Naviri Magazine - Bumi, planet yang kita tinggali, berputar mengelilingi matahari dari arah barat ke timur. Akibatnya, matahari pun terbit dari timur, dan tenggelam di arah barat. Namun, meski begitu, tidak semua planet berotasi ke arah timur sebagaimana Bumi. Beberapa di antaranya justru berputar ke arah sebaliknya.

Di antara sekitar 500 planet yang diketahui mengelilingi bintang selain matahari, sebagian besar planet tersebut tampaknya berputar dengan arah yang sama dengan bintangnya.

Dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal Nature, para astronom menyatakan bahwa sejumlah planet extrasolar berotasi dalam arah yang berlawanan dengan bintang yang mereka kelilingi.

Planet yang berputar ke belakang itu umumnya adalah planet gas raksasa, seperti Jupiter, bukan planet batu bulat seperti Bumi. Para astronom menyebut fenomena berputar ke belakang itu dengan stilah orbit terbalik.

Selain rotasinya yang berputar ke belakang, planet-planet besar itu berada dekat dengan bintang mereka.

Baca juga: Ternyata Rasi Bintang Tidak Ada, dan Cuma Khayalan Manusia

Related

Science 6688604828768343254

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item