Mendengarkan Musik dari Ponsel yang Sedang Dicas Bisa Sebabkan Kematian?

 Mendengarkan Musik dari Ponsel yang Sedang Dicas Bisa Sebabkan Kematian?

Naviri Magazine - Ada kasus yang aneh sekaligus misterius, terkait orang yang mati karena mendengarkan musik dari ponsel yang sedang dicas (di-charge). Orang tersebut bernama Pendi, berusia 35 tahun. Ia seorang pegawai rumah makan di Cikande, Serang, Banten. Pendi ditemukan tewas saat sedang mendengarkan musik di ponsel menggunakan earphone, saat tidur.

Diketahui, korban mengeluarkan darah dari mulut, telinga, dan hidung. Hal ini  diduga karena ponsel masih menyala, dan dalam kondisi baterai sedang diisi ulang saat digunakan untuk mendengarkan musik sambil tidur.

"Dugaan sementara, kata pemilik rumah makan, korban sering tidur sambil mendengarkan lagu di HP dan dalam kondisi sedang di-charge," ucap Kapolsek Cikande Kompol Kosasih, Rabu (26/9/2018).

Lalu apakah benar, kebiasaan tidur sambil mendengarkan musik di handphone yang sedang diisi ulang bisa menyebabkan kematian?

Lucky Sebastian, seorang pengamat teknologi gawai, menjelaskan bahwa ponsel yang sedang diisi ulang, entah sedang dipakai atau tidak, bisa saja meledak jika ada sistem yang salah. Sebab, pada saat diisi ulang, baterai mengalami reaksi kimia dan menghasilkan panas.

"Saat dicas dan digunakan sekaligus, panas yang dihasilkan memang bisa berlebihan. Sebab, prosesor tetap bekerja sementara baterai sendiri juga menghasilkan panas dari proses charging," ucap Lucky.

Meski begitu, lanjut Lucky, rata-rata ponsel saat ini sudah memiliki teknologi yang 'pintar'. Ketika ponsel sedang diisi ulang dan digunakan, chip pengatur charging akan memperlambat prosesnya.

Selain itu, ponsel masa kini juga sudah menerapkan teknologi fast charging, sehingga panas yang akan dihasilkan nantinya tidak berlebih. Apabila panas melebihi batas, handphone akan memberi peringatan.

Menurut Lucky, bukan hal wajar jika seseorang yang meninggal karena tersetrum mengeluarkan darah dari hidung, mulut, dan anggota badan lain.

"Biasanya, kalau tersetrum ada bekas terbakar. Saya kira penyebab meninggalnya korban tidak ada kaitannya dengan mendengarkan musik dari smartphone yang sedang dicas," ucapnya.

Lucky juga menambahkan, banyak orang di kereta api atau dalam penerbangan beristirahat sambil mendengarkan musik dari ponsel yang diisi ulang, dan tidak terjadi apa-apa.

Oleh sebab itu, mungkin saja korban tersebut meninggal akibat sebab lain. Namun, ini perlu dikonfirmasi lagi kepada pihak medis. Hasil otopsi akan memberikan keterangan lebih jelas.

Baca juga: Di Prancis, Anak-anak Sekolah Dilarang Bermain Ponsel

Related

Smartphone 3177857766453731017
item