Mengapa Tubuh Komodo Berukuran Sangat Besar?

Mengapa Tubuh Komodo Berukuran Sangat Besar?

Naviri Magazine - Komodo ditemukan oleh peneliti barat pada tahun 1910. Dibanding kadal lain, hewan yang termasuk anggota famili biawak Varanidae ini merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2 sampai 3 meter.

Ukurannya yang besar itu berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil, terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tersebut.

Karena tidak adanya predator, pertumbuhan komodo pun melaju hingga berkali-kali lipat lebih besar dari ukuran tubuhnya semula. Pada akhirnya, komodo menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.

Apakah komodo bisa memanjat pohon?

Meski tubuhnya berukuran sangat besar, khususnya jika dibandingkan dengan sesama reptil lain, komodo memiliki keisitimewaan dalam hal berlari, berenang, dan memanjat.

Komodo bisa berlari dengan kecepatan hingga 20 kilometer per jam. Komodo juga bisa berenang dan menyelam sedalam 4,5 meter. Dan, dengan cakarnya yang kuat sekaligus tajam, komodo juga bisa memanjat pohon.

Meski begitu, seiring bertambahnya usia, komodo semakin kesulitan memanjat pohon, karena ukuran tubuh mereka yang semakin membesar.

Baca juga: Penyu Hijau, Hewan Herbivora yang Melahirkan Anak Omnivora

Related

Science 5955919291419840846

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item