Mengenal Jenis Ekspresi Meme dan Fungsi Penggunaannya

 Mengenal Jenis Ekspresi Meme dan Fungsi Penggunaannya

Naviri Magazine - Di internet, rage comics disukai banyak orang, dan menjadi tren di banyak negara. Rage comics adalah komik yang berisi cerita-cerita lucu atau humor yang sangat sederhana dan pendek atau singkat.

Rage comics sangat mudah ditemukan di internet, karena bertebaran di mana-mana, termasuk di media sosial, blog, hingga situs-situs terkenal. Dari rage comics itu pula, muncul ekspresi-ekspresi unik yang digambarkan melalui meme-meme yang belakangan juga sangat terkenal. Berikut ini adalah beberapa jenis ekspresi meme, serta fungsi penggunaannya.

1. Troll Face

Troll Face adalah meme berupa wajah yang mengekspresikan kejahilan. Penemu meme ini adalah Whynne (seorang user DeviantART). Sebenarnya, dalam post-nya, Whynne ingin menggambarkan karakter bernama 'Rape Rodent'. Kini, ekspresi tersebut sering digunakan untuk post-post dalam rage comics untuk mengekspresikan kejahilan.

Fungsi:
  • Mengekspresikan bahwa seorang karakter dalam komik sedang menjahili tokoh komik lain.
  • Menjahili seorang user (pembaca rage comics/meme).
  • Karena tidak semua 'troll' (kejahilan) selalu berhasil, maka diciptakan pula 'failed-troll face' yang mengekspresikan ekspresi sedih karena gagal menjahili.

2. Bitch Please

Meme ‘Bitch please’ adalah cuplikan ekspresi pemain basket bernama Yao Ming, yang sedang tertawa terbahak-bahak saat jumpa pers, pada Mei 2009.

Fungsi:
  • Menunjukkan sesuatu yang lebih 'wah'. 
  • Mengekspresikan senyum menyindir. 
  • Mengekspresikan 'ketidakmenyesalan' atas sesuatu yang telah diperbuat.
  • Setelah banyak modifikasi terhadap ekspresi ini, sekarang sudah muncul meme serupa yang berfungsi lain, seperti menunjukkan rasa jijik/takut dan penolakan, serta menunjukkan sikap acuh.

3. Forever Alone

Meme 'Forever Alone' pertama kali menyebar melalui 4chan pada tahun 2009. Berdasarkan berbagai sumber, diketahui bahwa komik asli 'Forever Alone Guy' pertama berjudul 'April Fools'. Komik tersebut diunggah oleh pengguna FunnyJunk yang ber-username Azuul.

Fungsi:
  • Mengekspresikan rasa kesepian
  • Mengekspresikan kekecewaan terhadap dunia

4. Me Gusta

Sebuah Frase Colloquial dari bahasa Spanyol 'Me Gusta' pertama kali diadaptasi dari sebuah rage comic yang digambar oleh seorang ilustrator bernama Matt Oswald, yang mengunggah karyanya ke Reddit, 4chan, DeviantART, juga tumblr.

Meme ini sering diadaptasi sesuai dengan keadaan yang ada pada rage comics yang diceritakan, agar menjadi lebih lucu. Misalnya, frasa 'Me Gusta' diubah menjadi 'Me Baloonsta' atau 'Me Dragonsta', dll.

Fungsi:
  • Mengekspresikan rasa senang yang aneh pada suatu keadaan, yang apabila orang lain melihat akan mengira orang tersebut mengalami keterbelakangan mental.
  • Meme ini juga dapat dipakai untuk mewakili respons suka terhadap sesuatu yang berbau dewasa.
  • Variasi dari ekspresi ini adalah 'no me gusta', yang berarti penolakan terhadap sesuatu secara kesal.

5. You Don't Say?

“You Don’t Say?” adalah cuplikan wajah Nicholas Cage dalam filmnya, yang berjudul “Vampire Kiss”. Pada scene tersebut, Nicholas Cage sedang menanyai asistennya. Karena mimik muka Nicholas yang lucu, akhirnya mimik muka tersebut dijadikan meme pada rage comics.

Fungsi:
  • Untuk mengekspresikan tanggapan.
  • Pernyataan lazim yang semua orang sudah tahu.
  • Pertanyaan retoris yang sudah pasti jawabannya, sehingga orang yang ditanyai lebih memilih untuk menjawab secara sarkastik.

6. If You Know What I Mean

Meme "If You Know What I Mean" menggunakan wajah ekspresi Mr. Bean. Biasanya, meme ini digunakan untuk cerita yang mengandung maksud tertentu dibaliknya.

Baca juga: Meme, Sarana Humor Generasi Milenial

Related

Lifestyle 4311890305856641161

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item