Mengenal Teleskop, Sarana Mengintip Benda-benda Langit

 Mengenal Teleskop, Sarana Mengintip Benda-benda Langit

Naviri Magazine - Teleskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda langit. Teleksop pertama yang didokumentasikan adalah teleskop buatan Roger Bacon pada abad ke-13, tapi tidak digunakan untuk melihat benda langit.

Teleskop pertama yang dibuat untuk mengamati benda langit diklaim oleh tiga orang yang berbeda pada tahun 1608, yaitu Hans Lippershey, Zacharias Janssen, dan James Metius.

Satu tahun kemudian, Galileo mulai mempelajari teleskop dan berhasil membuat teleskop yang mampu mengamati Jupiter pada tahun 1610. Prestasi itu sangat luar biasa, hingga Galileo pun dianggap sebagai Bapak Teleskop.

Kemudian, pada tahun 1655, Christian Huygens berhasil membuat teleskop yang jauh lebih bagus, sehingga mampu mengamati Saturnus. Selanjutnya, teleskop terus dikembangkan, hingga sangat modern seperti yang kita kenal sekarang.

Kapan Bumi difoto pertama kali?

Foto planet Bumi pertama kali diambil dan dikirim dari angkasa menggunakan satelit Explorer VI milik Amerika, pada Agustus 1959.

Kemudian, pada Agustus 1966, satelit Lunar Orbiter 1 mengambil dan mengirim foto Bumi dari Bulan untuk pertama kalinya. Pada tahun 2004, giliran satelit Spirit mengirimkan foto Bumi yang diambil dari planet lain (Mars) untuk pertama kali.

Baca juga: Menelusuri Bagaimana Awal Mula Alam Semesta

Related

Science 6501293940605530205

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item