Mengapa Banyak Orang Menggemari Rasa Pedas?

Mengapa Banyak Orang Menggemari Rasa Pedas?

Naviri Magazine - Percaya atau tidak, hanya manusia yang menyukai rasa pedas. Makhluk hidup lain, seperti hewan, tidak suka. Kenyataannya memang banyak orang menyukai rasa pedas, bahkan merasa kurang jika makan sesuatu tanpa ada sensasi pedas di dalamnya. Makan gorengan, harus ditambah cabai. Makan lalapan, harus pakai sambal, dan lain-lain.

McQuaid, penulis buku Tasty: The Art and Science of What We Eat, menyebut manusia adalah mahluk aneh yang menikmati rasa pedas, sesuatu yang bahkan hewan saja tidak mau memakannya. Reaksi pedas berbeda antara manusia satu dan yang lain.

Jika Anda cukup toleran dan kuat, mungkin Anda hanya akan kepedasan. Tapi bagi beberapa orang, memakan cabai punya konsekuensi lebih menyakitkan. Seseorang bisa menangis atau bahkan pingsan. Meski demikian, rasa pedas bukannya dijauhi, malah menjadi obsesi.

McQuaid menyebut obsesi manusia terhadap rasa pedas merupakan persepsi kita terhadap keadaan. Pedas merupakan elemen cita rasa. Ia menghadirkan sensasi hangat dan membuat suhu tubuh meningkat. Itu mengapa bagi beberapa orang, saat makan makanan pedas, mereka akan berkeringat.

Saat cuaca dingin, kita menyukai masakan pedas dengan sup yang hangat. Seperti juga saat hari sangat panas, kita suka es krim dan minuman dingin. Sensasi panas dan dingin itu menjadi semacam candu yang membuat manusia merasa perlu menikmati makanan dengan sensasi tertentu.

Paul Rozin, profesor psikologi dari University of Pennsylvania, menyebutkan, di banyak peradaban dengan kebudayaan tinggi ditemukan ragam makanan pedas. Ia mulai perjalanan di Oaxaca, di Mexico, untuk meneliti bagaimana makanan pedas dikonsumsi di daerah itu.

Dalam penelitian yang melibatkan tikus dan berbagai cabai dengan senyawa capsaicin, ia menemukan bahwa manusia mengonsumsi makanan pedas sebagai bentuk bertahan hidup. Ia juga menemukan bahwa manusia punya daya tahan berbeda terhadap rasa pedas; mereka yang hidup di daerah tropis dan memiliki banyak makanan pedas lebih tahan daripada yang tidak.

Baca juga: Manfaat Tak Terduga di Balik Makanan Pedas

Related

Science 5613038445425244024

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item