10 Negara Super Power yang Paling Berpengaruh di Dunia

10 Negara Super Power yang Paling Berpengaruh di Dunia

Naviri Magazine - Sebutan super power untuk suatu negara tidak hanya berarti bahwa negara tersebut memiliki kekuatan militer yang hebat, tapi lebih pada besarnya pengaruh yang ditimbulkannya terhadap negara-negara lain. Semakin besar pengaruh suatu negara terhadap negara-negara lainnya, bisa dibilang semakin kuat pula posisi negara tersebut.

Umumnya, negara super power adalah negara-negara maju. Dan negara-negara maju adalah negara yang memiliki tingkat ekonomi, teknologi, serta sumber daya manusia yang tinggi.

Jepang, sebagai contoh, adalah negara yang tak bisa dibilang besar, dan populasinya juga tak bisa dibilang besar. Tapi mereka memiliki kedisiplinan serta sumber daya manusia yang unggul. Hanya dengan faktor itu saja, Jepang berhasil menduduki peringkat sebagai negara super power.

Selain Jepang, berikut ini negara-negara lain yang juga disebut sebagai negara-negara super power.

Amerika Serikat

Membicarakan negara super power tidak bisa melepaskan nama Amerika Serikat. Negara yang disebut sebagai polisi dunia ini memiliki kekuatan ekonomi dan kemampuan militer yang besar, sehingga memungkinkannya menjadi negara adidaya.

Amerika memiliki pengaruh yang besar di banyak negara lain, sehingga kebijakan-kebijakan tertentu di berbagai negara sering dipengaruhi Amerika.

Rusia

Rusia memiliki populasi penduduk yang sangat besar, sementara secara politik mereka mengendalikan sejumlah negara di Asia Tengah. Faktor-faktor itu menjadikan Rusia tetap independen, dan mencegah kekuatan eksternal mencampuri urusan politik serta ekonomi di negaranya.

Cina

Tidak jauh beda dengan Rusia, RRC atau Republik Rakyat Cina juga memiliki populasi yang besar, selain tentara yang kuat dan sama besar seperti umumnya negara adidaya. Cina bahkan berpotensi menjadi negara paling kuat di dunia.

Prancis

Prancis masuk dalam anggota Dewan Keamanan PBB, dan disebut sebagai salah satu negara paling kuat di dunia. Prancis memiliki pengaruh yang besar di negara-negara Afrika, selain memiliki senjata nuklir dan tentara besar yang bertugas menjaga keamanan dunia.

Inggris

Sama seperti Prancis, Inggris juga menjadi bagian dari Dewan Keamanan PBB. Negara ini memiliki senjata nuklir dan demokrasi yang stabil. Perkembangan industri mereka sangat maju, dan termasuk dalam Uni Eropa.

Jepang

Sebagai salah satu negara di Asia, sebenarnya Jepang tidak memiliki wilayah yang luas, bahkan sumber daya alamnya juga tidak terlalu berlimpah.

Tetapi, warga Jepang memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi, dan negara itu memiliki sumber daya manusia yang unggul. Dua faktor itulah yang kemudian menjadikan Jepang sebagai negara maju, sekaligus negara super.

Jerman

Di masa Perang Dunia II, Jerman mengalami kekalahan setelah berperang melawan Sekutu. Akibatnya, negara itu pun melemah. Tapi kemudian Jerman mampu bangkit setelah perang usai, dan mereka berhasil menjadi negara yang teknologi serta ekonominya sangat maju.

Kini, Jerman memiliki ekonomi terbesar ketiga di dunia, dan termasuk dalam daftar anggota Uni Eropa yang paling kuat.

India

India tidak hanya produktif memproduksi film-film yang ditonton di seluruh dunia, hingga memiliki ikon film terkenal Bollywood.

India juga memiliki sistem demokrasi yang kuat, yang memungkinkannya mengatur populasi penduduk mereka yang padat. Ekonomi negara itu juga tumbuh dengan pesat, seiring dengan kemajuan teknologi militernya.

Pakistan

Dilihat dari luar, Pakistan tampak lemah akibat kediktatoran yang terjadi di sana. Namun, sebenarnya, Pakistan memiliki kekuatan yang tak bisa dianggap remeh.

Negara dengan penduduk muslim sangat besar itu memiliki senjata nuklir, selain sumber daya yang bisa dimanfaatkannya untuk menyeimbangkan posisi mereka di antara negara-negara kuat lainnya.

Brazil

Brazil memiliki wilayah yang sangat luas, dan termasuk bagian dari Amerika Latin.
Sebagian besar penduduk Brazil berbahasa Portugis, bahkan dianggap sebagai negara yang penduduknya berbahasa Portugis terbesar di dunia.

Hubungan Brazil dengan negara-negara lain sangat stabil, sehingga Brazil memiliki pengaruh yang besar terhadap negara-negara lain di dunia.

Baca juga: Kisah Orang Aneh yang Mendirikan Negara Sendiri

Related

World's Fact 8074462222740682145

Recent

item