5 Negara yang Nilai Tukar Mata Uangnya Hampir Setara Rupiah

 5 Negara yang Nilai Tukar Mata Uangnya Hampir Setara Rupiah

Naviri Magazine - Nilai rupiah saat ini sedang merosot terhadap dolar, dan hal itu berimbas pada banyak hal, termasuk kegiatan traveling. Bagi yang sering jalan-jalan ke luar negeri, merosotnya nilai rupiah akan terasa sekali. Apalagi jika masuk ke negara-negara yang menggunakan dolar, biayanya jelas akan lebih besar.

Namun tak perlu khawatir. Bagi yang suka jalan-jalan ke luar negeri dan ingin tetap menghemat anggaran, bisa mencari negara-negara yang nilai tukar mata uangnya setara dengan rupiah. Dengan cara itu, anggaran yang disediakan pun bisa dihemat. Lima negara berikut ini bisa menjadi pilihan.

1. Vietnam

Mata uang Vietnam bernama dong. Nilai satu dong sama dengan 0,5 rupiah. Liburan ke Vietnam pun jadi lebih irit. Sebab, dengan uang sekitar 70 ribu dong atau Rp 40 ribu, traveler bisa makan di restoran cepat saji asal Amerika Serikat di Vietnam.

Apalagi, sebagai sesama negara Asia Tenggara, Vietnam memberlakukan kebijakan tanpa visa bagi wisatawan Indonesia.

2. Nepal

Negara lain yang terkenal murah di kalangan wisatawan Indonesia adalah Nepal, karena nilai mata uangnya yang tidak terlalu tinggi. Saat ini, 1 rupee Nepal setara dengan Rp 131. Biaya hidup di Kathmandu, Nepal, lebih rendah 22,54 persen dari Indonesia.

Rata-rata, harga makanan di warung makan Nepal sekitar 250 rupee Nepal, atau setara Rp 32 ribu. Bagi wisatawan asal Indonesia, Nepal memudahkan proses masuk negaranya dengan kebijakan visa on arrival.

3. Iran

Kita bisa menikmati keindahan arsitektur dan budaya Persia di Iran, tanpa terlalu khawatir dengan masalah budget. Iran terkenal sebagai negara yang relatif murah. Nilai satu real Iran setara dengan Rp 0,35.

Biaya hidup di Teheran, Iran, menduduki peringkat 455 dari 529 negara di dunia. Satu kali makan di restoran standar Iran membutuhkan uang sekitar 150.000 real atau setara Rp 50 ribu. Iran juga menerapkan kebijakan visa on arrival untuk wisatawan asal Indonesia.

4. Belarusia

Walaupun biaya hidup di Eropa mahal, ada satu negara yang ternyata nilai tukar uangnya hampir mirip Indonesia. Yakni Belarusia. Satu rubel, mata uang Belarusia, setara dengan Rp 0,7. Biaya hidup di Minsk, ibu kota Belarusia, bahkan 23,97 persen lebih murah dari Jakarta.

5. Paraguay

Paraguay merupakan negara eksotis di Amerika Selatan yang terkenal dengan biaya hidup relatif rendah. Nilai satu guarani Paraguay setara dengan Rp 2,4. Sementara, biaya makan di restoran cepat saji asal Amerika Serikat di sana sekitar 25 ribu guarani atau setara Rp 60 ribu.

Baca juga: Mengapa Dolar AS Menjadi Acuan Nilai Tukar Mata Uang Dunia?

Related

Traveling 7255505707984887653

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item