Paus Biru, Hewan dengan Suara Paling Keras di Bumi

Paus Biru, Hewan dengan Suara Paling Keras di Bumi

Naviri Magazine - Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah hewan yang memiliki suara paling keras di planet ini. Hewan yang juga dianggap sebagai fauna terbesar itu memiliki suara yang lebih keras dianding raungan Harley Davidson, lebih keras dibanding konser musik rock, bahkan lebih keras dibanding ledakan bom.

Berdasarkan penelitian, suara paus biru dapat mencapai 188 desibel. Sebagai perbandingan, suara mesin jet cuma 120 sampai 130 desibel. Selain itu, tingkat kekerasan suara paus biru juga bertambah secara logaritmis.

Artinya, setiap kenaikan 10 desibel akan mengalami peningkatan intensitas suara hingga 10 kali. Untungnya, hewan ini hidup di dalam laut, sehingga kita tidak terganggu dengan suaranya yang luar biasa.

Apakah paus biru berwarna biru?

Sebagaimana namanya, paus biru memang berwarna biru, meski warna biru teduh pada tubuhnya bisa bervariasi. Bagian atas tubuh paus ini berwarna keabu-abuan dengan totol-totol putih, sedang di bagian perutnya berwarna kekuningan.

Paus biru juga memiliki sirip dorsal di daerah belakang. Sirip berbentuk segitiga itu sesekali terlihat pada waktu paus menyelam.

Paus biru lebih banyak menyelam daripada di permukaan laut. Di kedalaman laut, paus biru memiliki perilaku unik, yaitu suka mengeluarkan suara semacam nyanyian yang panjang.

Suara itu mereka gunakan untuk memberi isyarat pada kawan-kawannya ketika menemukan sumber makanan, ketika memikat paus betina, atau ketika akan kawin. Paus betina pun biasanya memilih pejantan yang memiliki suara lengkingan paling panjang.

Baca juga: Perbedaan Burung Kakatua Biasa dengan Kakatua Raja

Related

Science 3640855853707833175
item