Meski Disebut Ikan Paus, Sebenarnya Paus Bukan Ikan

Meski Disebut Ikan Paus, Sebenarnya Paus Bukan Ikan

Naviri Magazine - Meski sering disebut “ikan paus”, namun sebenarnya paus tidak termasuk ikan. Paus adalah mamalia, seperti halnya anjing, kucing, singa, harimau, juga manusia. Karenanya, lebih tepat jika paus disebut mamalia laut.

Paus termasuk mamalia, karena memiliki kelenjar susu, berdarah panas, melahirkan, dan memiliki peredaran darah tertutup. Selain itu bentuk ‘sirip’ depan paus memiliki struktur tulang seperti mamalia, bukan seperti ikan.

Seperti semua mamalia, bayi paus tumbuh di dalam tubuh induknya, bukan melalui telur yang menetas. Anak paus disebut calf. Ketika lahir, sang induk akan mendorong anaknya ke permukaan air untuk menghirup udara untuk pertama kalinya. Hingga berusia satu tahun, anak paus minum (menyusu) dari tubuh induknya.

Paus disebut ikan, karena memiliki bentuk mirip ikan, sebagaimana bintang laut bukan bintang dan kuda laut bukan sejenis kuda.

Baca juga: Benarkah Sirip Ikan Dijadikan Bahan Kosmetik?

Related

Science 9178527696408393716

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item