Penyu Hijau, Hewan Herbivora yang Melahirkan Anak Omnivora

Penyu Hijau, Hewan Herbivora yang Melahirkan Anak Omnivora

Naviri Magazine - Penyu hijau dewasa bersifat herbivora. Mereka memakan alga yang hidup di perairan tropis dan subtropis. Sumber makanan tersebut biasa ada di terumbu karang. Namun, anak penyu hijau cenderung omnivora, alias memakan semua jenis makanan.

Diperkirakan, sifat omnivora pada anak penyu disebabkan karena kebutuhan mereka dalam mempercepat pertumbuhan. Setelah anak penyu mulai cukup besar, sehingga cukup mampu menghindari predator, mereka mulai mengubah pola makan secara bertahap hingga menjadi herbivora sebagaimana penyu dewasa umumnya.

Penyu hijau tersebar di wilayah tropis dekat pesisir benua dan sekitar kepulauan, serta banyak dijumpai di pesisir Afrika, Asia Tenggara, India, hingga sepanjang garis pantai Australia dan Kepulauan Pasifik Selatan.

Bagaimana penyu aligator mencari mangsa?

Penyu aligator penggigit sangat pintar dalam menipu calon mangsanya. Biasanya, ia akan berdiam diri di dalam air, dengan mulut yang terbuka lebar.

Dia tidak perlu aktif bergerak, selain hanya membuka mulutnya, karena di dalam mulut itu terdapat kutil yang menyerupai cacing berwarna merah muda, yang bergerak berayun-ayun dengan lembut di antara arus laut.

Ikan yang cukup bodoh mungkin akan menggigit “cacing” itu, dan akhirnya terperangkap dalam rahang aligator yang telah menantinya.

Baca juga: Memahami Perbedaan Kura-kura dan Penyu

Related

Science 7515301594035304328

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item