10 Perusahaan Digital yang Paling Berpengaruh di Dunia

10 Perusahaan Digital yang Paling Berpengaruh di Dunia

Naviri Magazine - Kita kini hidup di abad digital, ketika segala sesuatu saling terhubung lewat peranti canggih, khususnya ponsel dan internet. Dua peranti itu pula yang telah mengubah kehidupan miliaran manusia, serta wajah dunia.

Dalam kemajuan dunia digital yang terus meningkat, ada banyak perusahaan yang ikut menopang. Terkait hal itu, Forbes merilis laporan tentang daftar perusahaan digital yang berbasis IT, hardware, media, ritel digital, dan telekomunikasi, yang berpengaruh di dunia digital. Mereka merupakan perusahaan dari 17 negara.

Dalam daftar ini, Amazon berada di posisi teratas. Kapitalisasi pasar perusahaan Jeff Bezos ini mencapai 1 triliun dollar AS. Hal ini membuat Amazon menjadi perusahaan AS kedua yang mencapai 1 triliun, setelah Apple melakukannya pada bulan Agustus lalu.

Mengekor di belakang Amazon, perusahaan streaming digital Netflix menduduki peringkat ke-2 dalam daftar. Hasil dari streaming video yang cukup populer di kalangan remaja ini meraup pendapatan perusahaan sebesar 11,7 miliar dollar AS pada 2017. Sementara pasar internasional yang dirambah tahun 2010 memberikan kontribusi pendapatan 43,5 persen.

Perusahaan-perusahaan AS menguasai hampir setengah dari daftar, dengan 49 perusahaan. Perusahaan negeri Paman Sam mendominasi pada bagian puncak, yaitu 19 dari 25 perusahaan teratas. Nama-nama yang dikenal termasuk Twitter (Peringkat 21), Facebook (26), Microsoft (Peringkat 69), dan Spotify (Peringkat 71).

Berikut 10 perusahaan berbasis digital yang paling berpengaruh di dunia:

1. Amazon.com (Amerika Serikat)
2. Netflix (Amerika Serikat)
3. NVIDIA (Amerika Serikat)
4. Salesforce.com (Amerika Serikat)
5. Servicenow (Amerika Serikat)
6. Square (Amerika Serikat)
7. Analog Devices (Amerika Serikat)
8. Palo Alto Networks (Amerika Serikat)
9. Splunk (Amerika Serikat)
10. Adobe System (Amerika Serikat)

Sementara, perusahaan dari Asia yang merangsek ke peringkat 20 besar berhasil diduduki perusahaan dari India, yakni Tech Mahindra diposisi ke-15, dan dari China dengan Tencent Holdings yang bertengger diperingkat 18.

Berikut perusahaan yang berperan dalam perkembangan bisnis digital di Asia, mengacu kepada daftar yang dibuat Forbes.

1. Tech Mahindra (India, #15)
2. Tencent Holdings (China, #18)
3. SK Hynix (Korea Selatan, #20)
4. Baidu (China, #23)
5. Catcher Technology (Taiwan, #24)
6. Hikvision (China, #27)
7. Tokyo Electron (Jepang, #28)
8. Focus Media Information Technology (China, #31)
9. Keyence (Jepang, #33)
10. Naver (Korea Selatan, #34)


Related

Technology 6584485746896275898

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item