San Marino, Negara yang Berasal dari Sebuah Gereja Kecil

San Marino, Negara yang Berasal dari Sebuah Gereja Kecil

Naviri Magazine - Republik San Marino adalah negara kecil yang dikelilingi Italia, tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna, dan di sebelah selatan berbatasan dengan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.

San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada masa persekusi agama oleh Kaisar Romawi Diocletian. Konstitusi San Marino mulai diberlakukan pada tahun 1600, dan menjadi konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku.

Menurut kisah tradisi, Santo Marinus meninggalkan pulau Rab di Kroasia bersama teman seumur hidupnya, Leo, dan menetap di Monte Titano. Di sana dia membangun gereja kecil serta mendirikan kota dan negara San Marino. Tanggal resmi pendirian republik ini adalah 3 September 301. Pada 1631, kemerdekaannya diakui oleh negara-negara Kepausan.

San Marino menjadi anggota Majelis Eropa pada 1988, dan anggota PBB pada 1992. Negara ini bukan anggota Uni Eropa, namun mengadopsi mata uang euro karena sistem keuangannya terintegrasi dengan Italia.

Negara ini dihuni sekitar 32.000 penduduk, termasuk 1.000 orang asing, yang sebagian besarnya orang Italia. Sekitar 5.000 penduduknya tinggal di luar negeri, sebagian besar tinggal di Italia.

Bahasa yang digunakan di negara ini adalah bahasa Italia. Menurut CIA World Factbook, rata-rata jangka hidup pria di sana mencapai 78,52 tahun, sedangkan wanita mencapai 85,72 tahun.

Baca juga: Prancis, Negara Gemerlap dengan Sejarah Panjang

Related

World's Fact 4916457938314698155

Recent

item