Sejarah dan Asal Usul Lahirnya Rolls-Royce di Dunia

 Sejarah dan Asal Usul Lahirnya Rolls-Royce di Dunia

Naviri Magazine - Pada 15 Maret 1906, perusahaan mobil mewah dan pembuat mesin pesawat terbang, Rolls-Royce, didirikan di Inggris oleh Charles Stewart Rolls, seorang penerbang dan pemilik pabrik mobil, dan Frederick Henry Royce, seorang insinyur listrik.

Sebelumnya, pada tahun 1884, Frederick Henry Royce memulai usaha di bidang listrik dan mekanik. Ia kemudian menciptakan mobil pertamanya pada tahun 1904 di Manchester, Inggris, yang dinamai “Royce”.

Tidak lama setelah itu, ia berjumpa dengan Charles Stewart Rolls, dan keduanya lalu bersepakat mendirikan sebuah pabrikan mobil yang penjualannya akan diatur oleh Rolls. Salah satu isi kesepakatannya adalah mobil yang akan mereka produksi akan dinamai “Rolls-Royce”.

Mereka kemudian membentuk perusahaan Rolls-Royce pada 15 Maret 1906 di Manchester. Dua tahun kemudian, pada 1908, perusahaan mereka berpindah lokasi ke kota Derby, Inggris.
Varian mobil terkenal pertama yang dihasilkan oleh Rolls-Royce adalah seri “The Silver Ghost”, yang dirilis pada 1906-1925. Mobil dengan mesin 6 silinder itu diproduksi sebanyak 6.173 unit.

Pada 1921, Rolls-Royce membuka pabriknya yang kedua di Springfield, Massachussets, AS, untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin membludak.

Pabrik di daratan Amerika ini memproduksi seri “Springfield Ghosts”, dan beroperasi selama 10 tahun hingga kemudian ditutup pada 1931. Chasis dari varian mobil itulah yang kemudian menjadi chasis dasar mobil-mobil tempur angkatan perang Inggris pada Perang Dunia II.

Tahun 1931, Rolls-Royce mengakuisisi salah satu pesaingnya, Bentley, yang waktu itu mengalami kesulitan keuangan akibat peristiwa krisis moneter “Great Depression”. Hal itulah yang menjadikan mobil-mobil Rolls-Royce dan Bentley memiliki kesamaan pada gril radiator dan detail-detail minornya, hingga saat ini.

Pabrik mobil Rolls-Royce dan Bentley kemudian berpindah ke kota Crewe, Inggris, pada tahun 1946, dan selanjutnya berpindah lagi ke Mulliner Park Ward, London, pada 1959. Jika sebelumnya pembuatan bodi kendaraan diserahkan kepada kontraktor lain, sejak perpindahan terakhirnya itu pabrikan Rolls-Royce mulai memproduksi sendiri bodi kendaraannya.

Di masa sekarang, Rolls-Royce adalah sebuah himpunan tiga perusahaan, yaitu Rolls-Royce plc yang berspesialisasi dalam produk berbasis-turbin, terutama mesin pesawat; Rolls-Royce Motor Cars Limited, yang memproduksi mobil mewah BMW; dan Bentley Motors yang merupakan kelanjutan dari divisi mobil Rolls-Royce pertama.


Related

History 1936127069879294554

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item