Sejarah Ditemukannya Minyak Bumi Pertama Kali

Sejarah Ditemukannya Minyak Bumi Pertama Kali

Naviri Magazine - Diperkirakan, minyak Bumi ditemukan pertama kali pada sekitar 5.000 tahun sebelum Masehi, oleh bangsa Sumeria, Asyiria, dan Babilonia kuno. Namun, pada waktu itu, mereka tidak menambang sebagaimana zaman sekarang, melainkan hanya mengambil dari rembesan minyak Bumi yang muncul di permukaan tanah.

Pada zaman itu fungsi minyak Bumi digunakan sebagai obat luka, pencahar, atau pembasmi kutu. Seiring perkembangan peradaban, minyak Bumi kemudian dipakai untuk perang.

Pada abad pertama masehi, bangsa Arab dan Persia berhasil menemukan teknologi destilasi sederhana minyak Bumi. Destilasi itu menghasilkan minyak yang mudah terbakar. Minyak itu dipakai untuk tujuan perang.

Ekspansi bangsa Arab ke Spanyol merupakan awal lahirnya teknologi destilasi di kalangan masyarakat Eropa barat pada abad ke-12. Tetapi, sampai di sini pun minyak Bumi belum menjadi bahan bakar utama. Di waktu itu belum ada teknologi mesin yang bisa menggerakkan motor.

Beberapa abad kemudian, bangsa Spanyol melakukan eksplorasi minyak Bumi di tempat yang sekarang kita kenal dengan nama Kuba, Meksiko, Bolivia, dan Peru.

Pertengahan abad ke-19, masyarakat Eropa dan Amerika Utara mulai menggunakan minyak tanah atau minyak batu-bara untuk penerangan.

Baca juga: Sejarah Pengeboran Minyak Bumi oleh Manusia

Related

Science 6122827830735710

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item