10 Smartphone Keluaran Lama yang Masih Layak Dimiliki

10 Smartphone Keluaran Lama yang Masih Layak Dimiliki

Naviri Magazine - Dari waktu ke waktu selalu muncul smartphone keluaran baru, dari berbagai merek, dengan berbagai fitur dan kelebihan. Meski begitu, tidak semua wujud dan spesifikasi smartphone keluaran baru pasti akan membuat kita merasa cocok.

Ada kalanya, kita suka wujudnya yang elegan, tapi kurang cocok dengan spesifikasi yang ditawarkan. Atau sebaliknya, kita cocok dengan spesifikasinya, tapi kurang sreg dengan tampilan atau wujudnya.

Kalau kebetulan kita sedang ingin membeli smartphone, dan tidak menemukan smartphone baru yang terasa cocok, apa salahnya melihat smartphone keluaran lama?

Meski keluaran lama, ada cukup banyak smartphone yang masih layak dimiliki, karena wujud serta spesifikasinya sangat bagus, dan tidak ketinggalan zaman, serta mampu memenuhi berbagai kebutuhan kita terkait penggunaan smartphone. Sepuluh smartphone berikut ini di antaranya.

1. iPhone SE

iPhone SE merupakan keluaran Maret 2016, yang memiliki chipset dengan spesifikasi mumpuni. Dengan Apple A9 dan dibekali CPU Dual-core 1.84 GHz Twister serta RAM 2GB, iPhone SE sangat bisa diandalkan untuk multitasking menjalankan banyak aplikasi.

Kapasitas baterainya sebesar 1.624 mAh. Serta memiliki resolusi layar sebesar 4.0 inci. Selain andal dari segi multitasking, game berat pun bisa dijalankan dengan mudah di smartphone mungil ini. Walaupun dengan kapasitas baterai yang kurang dari 2.000 mAh, namun cukup untuk melakukan banyak hal di smartphone ini.

Kamera selfie sebesar 1.2 MP, namun foto yang dihasilkan sangat mendekati aslinya (realistic). Kamera belakangnya juga sudah 12 MP, yang bisa dipakai untuk mengabadikan momen spesial, dan bisa diunggah ke media sosial dengan kualitas bagus.

2. iPhone 6s dan 6s Plus

Selanjutnya masih produk dari Apple, iPhone 6s dan 6s Plus. Rilis pada September 2015, smartphone ini memiliki chipset, CPU dan RAM sama persis dengan iPhone SE. Hal yang membedakan adalah resolusi layarnya. iPhone 6s memiliki resolusi layar 4.7 inch dan iPhone 6s+ memiliki layar resolusi 5.5 inch.

Daya tahan baterainya sebesar 1.715 mAh untuk iPhone 6s, dan 2.750 mAh untuk iPhone 6s Plus. Keduanya juga andal dalam melakukan multitasking, membuka banyak aplikasi dan bermain game berat pun, sangat smooth dijalankan.

Kamera selfie sebesar 5 MP, dan hasilnya mendekati aslinya (realistic), sementara kamera belakangnya 12 MP, dengan hasil jernih dan tajam.

3. Samsung Galaxy S6 Edge+

Samsung memperkenalkan merek terbaru di bulan Agustus 2015. Dengan chipset Exynos 7420 Octa, CPU octa-core (4x2.1 GHz Cortex-A57 & 4x1.5 GHz Cortex-A53) dan RAM 4GB, Samsung mengusung layar 5,7 inci super AMOLED, yang terkenal dengan warna cerah dan tajam. Daya tahan baterainya sebesar 3.000 mAh.

Selain spek gahar yang pasti sangat ringan untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus, bermain game dengan smartphone ini sangat fun dan tidak mengalami kendala berarti. Dari segi kamera, smartphone ini menyediakan 5 MP untuk kamera selfie dan 16 MP untuk kamera belakang. Serta segudang fitur yang ditawarkan, mulai pro mode hingga panorama.

4. Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Smartphone yang rilis pada Maret 2016 ini memiliki chipset Exynos 8890 Octa (setara dengan Snapdragon 820), CPU Octa-Core, dan RAM 4 GB. Layar yang digunakan masih tetap super AMOLED kebanggaan Samsung, namun berbeda dimensi.

Untuk Samsung Galaxy S7 memiliki dimensi 5.1 inci, dan Samsung Galaxy S7 Edge memiliki 5.5 inci serta melengkung di sisi kiri dan kanan. Baterai Samsung S7 sebesar 3.000 mAh, dan Samsung S7 Edge sebesar 3.600 mAh.

Bermain game berat dan menjalankan banyak aplikasi sosial media, bukan suatu hambatan bagi smartphone ini. Kedua smartphone ini sangat nyaman digunakan berjam-jam, karena bentuknya yang sesuai dan pas di tangan.

Kedua kameranya sudah sangat baik untuk digunakan sehari-hari. 12 MP untuk kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan. Pada Samsung Galaxy S7 Edge, sudah dapat ditemui fitur live focus, yang biasa digunakan untuk foto portrait dengan background bokeh (blur).

5. Sony Xperia Z5 Premium

Sony meluncurkan smartphone ini pada September 2015. Chipset Snapdragon 810, CPU Octa-core (4x1.5 GHz Cortex-A53 & 4x2.0 GHz Cortex-A57) dan RAM 3GB, membantu kinerja smartphone ini. Dengan layar 5.5 inch dan daya tahan baterai sebesar 3.430 mAh, membuat smartphone ini semakin bandel.

Kapasitas baterai yang besar, RAM 3 GB, dan chipset yang tinggi, memudahkan aplikasi berjalan lancar dan tidak ada hambatan. Performa yang dihasilkan sangat memuaskan.

Kamera selfie sebesar 5.1 MP juga lebih dari cukup untuk kebutuhan selfie sehari-hari. Lalu kamera belakang sebesar 23 MP, menghasilkan foto yang tajam khas kamera Sony pada umunya.

6. Sony Xperia X Performance

Rilis di bulan Juni 2016, Sony Xperia juga tak mau ketinggalan. Di Sony Xperia X Performance telah disematkan chipset Snapdragon 820, CPU Quad-core (2x2.15 GHz Kryo & 2x1.6 GHz Kryo), dan RAM 3 GB.

Dari chipset dan CPU, sudah jelas kencang untuk olah aplikasi. Lalu RAM sebesar 3 GB, pasti semakin ringan untuk buka tutup aplikasi. Bermain game juga tidak akan mengalami LAG atau screen patah-patah.

Dengan layar 5.0 inch, sangat nyaman digengam berjam-jam. Mengusung kamera selfie sebesar 13 MP dan kamera belakang sebesar 23 MP, foto yang dihasilkan kamera smartphone sangat jernih.

7. Asus Zenfone 3

Asus tidak mau ketinggalan. Smartphone yang rilis pada Mei 2016 ini memiliki chipset Snapdragon 625, CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, dan RAM 3 GB/4 GB. Display layar yang digunakan smartphone ini adalah 5.5 inch. Daya tahan baterai sebesar 3.000 mAh.

Chipset Snapdragon 600 series smartphone ini memudahkan kita bermain game berat tanpa hambatan sama sekali. Serta RAM 4GB yang sangat baik untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus, tanpa mengalami LAG.

Kamera belakang sebesar 16 MP, sudah dilengkapi dengan laser autofocus, memudahkan kita membidik objek yang akan kita foto. Kamera depan sebesar 8 MP, sangat baik di smartphone.

8. Xiaomi Mi6

Xiaomi meluncurkan Mi6 pada April 2017 dengan chipset Snapdragon 835. Setara dengan Samsung Galaxy S8, S8+, dan Note8. CPU yang disematkan ke dalam smartphone ini adalah Octa-core (4x2.45 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo) dan RAM 6 GB. Layar yang digunakan 5.15 inch, dan daya tahan baterai sebesar 3.350 mAh.

Karena memiliki chipset yang sama dengan smartphone flagship Samsung, maka tidak diragukan lagi smartphone ini sangat cepat dan smooth saat bermain game. Game berat dengan setting ultra bisa dijalankan dengan mulus di smartphone ini.

Kamera yang dimiliki smartphone juga menggunakan dual camera 12 MP, hingga kita bisa memotret dengan efek bokeh (blur) di hasil akhirnya. Kamera depan 8 MP, yang kualitasnya juga baik.

9. LG G6

LG G6 rilis di bulan Maret 2017. Smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 821, CPU Quad-core (2x2.35 GHz Kryo & 2x1.6 GHz Kryo), dan RAM 4 GB, juga dibekali layar 5.7 inch, dan baterai sebesar 3.300 mAh.

Chipset yang mumpuni serta RAM yang besar, membuat smartphone ini andal untuk melakukan banyak pekerjaan sekaligus. Membuka dan menutup aplikasi sangat cepat. Bermain game juga sangat memuaskan di pengaturan high.

Kamera smartphone juga sudah menggunakan dual kamera 13 MP. Hingga sangat bagus untuk pengambilan foto portrait dengan efek bokeh (blur). Kamera depan sebesar 5 MP, cukup untuk kegiatan selfie.

10. OnePlus 3

Oneplus meluncurkan smartphone ini di bulan Juni 2016. CPU yang digunakan adalah Snapdragon 820, chipset Quad-core (2x2.15 GHz Kryo & 2x1.6 GHz Kryo), dan RAM 6 GB. Layar 5.5 inch yang lebar ada di smartphone ini, dan baterai sebesar 3.000 mAh.

Dengan snapdragon seri 800, tidak heran bila smartphone ini dapat menjalankan segala aplikasi dengan lancar. Bermain game juga sangan menyenangkan karena sangat lancar dan tidak ada LAG.

Kamera smartphone ini 16 MP untuk kamera belakang, dan 8 MP untuk kamera selfie. Dengan resolusi seperti itu, sudah cukup untuk memotret kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Kehebohan Akibat Terungkapnya 'Kecurangan' Huawei'

Related

Smartphone 5676581875065272108

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item