Spinosaurus, Hewan Karnivora Terbesar di Muka Bumi

Spinosaurus, Hewan Karnivora Terbesar di Muka Bumi

Naviri Magazine - Spinosaurus adalah dinosaurus theropoda yang hidup pada zaman Cretaceous awal, atau sekitar 11 milyar tahun yang lalu. Habitatnya ada di tempat yang sekarang bernama Afrika Utara.

Menurut perkiraan terakhir, Spinosaurus adalah dinosaurus karnivora terbesar dari semua dinosaurus karnivora yang dikenal, bahkan lebih besar dari Tyrannosaurus dan Giganotosaurus. Perkiraan didasarkan pada panjang fosil Spinosaurus yang sekitar 16-18 meter, dan beratnya diperkirakan mencapai 12 ton.

Dinosaurus ini pertama kali diketahui dari satu set fosil yang ditemukan di Mesir pada tahun 1912, dan dijelaskan pada tahun 1915 oleh ahli paleontologi Jerman.

Bekas-bekas fosilnya telah hancur akibat pengeboman Sekutu di Berlin selama Perang Dunia II, namun tengkorak yang tersisa telah mendatangkan titik terang bagi para ahli paleontologi dalam beberapa tahun terakhir.

Hewan ini dijuluki Spine Lizard atau Kadal Berduri, karena punggungnya yang dihiasi duri-duri panjang dari depan ke belakang. Selain itu rahang dan tengkorak Spinosaurus dinyatakan sebagai salah satu tengkorak terpanjang dari semua dinosaurus karnivora, yaitu sepanjang 1,75 meter.

Baca juga: Capung Sudah Ada di Bumi, Sejak 300 Juta Tahun Lalu

Related

Science 2244449300967945118

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item