10 Aplikasi untuk Mencari Kerja di Dalam dan di Luar Negeri

10 Aplikasi untuk Mencari Kerja di Dalam dan di Luar Negeri

Naviri Magazine - Sudah selesai menjalani pendidikan, dan kini mulai terpikir untuk mencari kerja? Sekarang, urusan mencari pekerjaan tidak sulit. Cukup memiliki ponsel Android dan menginstal aplikasi, kita sudah bisa mencari dan melamar pekerjaan, dari dalam maupun luar negeri.

Ada banyak aplikasi yang khusus ditujukan untuk para pencari kerja. Aplikasi-aplikasi itu menyediakan banyak sekali lowongan kerja terbaru, yang bisa diakses siapa pun yang membutuhkan. Karenanya, kalau Anda sedang mencari pekerjaan, baik dari dalam maupun luar negeri, sepuluh aplikasi berikut ini bisa membantu.

1. JobStreet

JobStreet merupakan salah satu aplikasi lowongan kerja terbaik di Indonesia. Lebih dari 230 ribu pekerjaan bisa Anda lamar melalui aplikasi satu ini. Untuk Anda yang menginginkan kerja di luar negeri, Anda juga bisa mencarinya di JobStreet. Pasalnya, JobStreet tidak hanya menyediakan lowongan dari Indonesia saja, namun juga negara lain seperti Singapura, Malaysia, Vitenam, juga Filipina.

Fitur yang tersemat pada aplikasi lowongan kerja JobStreet pun memudahkan para job seeker dengan hadirnya mobile notification. LiNa JobStreet akan memberikan notifikasi pekerjaan terbaru setiap hari melalui email, dan Anda bisa langsung melamar pekerjaan tersebut melalui ponsel Android.

2. LinkedIn

Tidak hanya sebagai aplikasi sosial media, LinkedIn juga berperan sebagai aplikasi lowongan kerja. Ribuan bahkan jutaan profesional memiliki akun LinkedIn, dan tak jarang para perusahaan atau tempat kerja lain mencari pekerja melalui LinkedIn.

Dalam fiturnya, LinkedIn juga memberikan notifikasi pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan Anda, karena sebelumnya Anda harus mengisi data diri mengenai skill Anda. Pengguna LinkedIn pun dapat menulis artikel yang kemudian akan dibagikan, dan juga dibaca oleh para pengguna LinkedIn lainnya, bahkan mungkin dibaca oleh perusahaan yang membutuhkan skill Anda.

3. jobsDB Job Search

Lebih dari 120 ribu pekerjaan terbaru dapat Anda lamar pada aplikasi lowongan kerja jobsDB Job Search. Tak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga dari negara tetangga seperti Hong Kong, Singapura, juga Thailand. Cocok untuk Anda yang ingin mendapat pekerjaan di luar Indonesia.

Tak hanya itu, fitur seperti pencarian kerja berdasarkan lokasi dan minat yang disesuaikan dengan skill Anda pun dapat dipilih oleh para pengguna jobsDB Job Search. Sebelumnya, Anda harus membuat sebuah ID dan resume yang di-upload ke akun jobsDB Job Search.

4. Indeed Job Search

Masih seputar aplikasi lowongan kerja yang menyediakan pekerjaan baru di berbagai negara. Indeed Job Search menyiapkan berbagai fitur untuk memudahkan para pencari kerja, dengan lebih dari 200 juta pekerjaan baru. Selain itu, lebih dari 60 negara dan 28 bahasa berbeda terdapat pada pencarian kerja Indeed.

Untuk Anda yang tidak ingin mendapatkan pekerjaan terlalu jauh, Anda bisa mencari pekerjaan di daerah dekat rumah Anda, dengan menggunakan fitur GPS yang ada pada smartphone. Tak hanya pekerjaan tetap, pekerjaan untuk mahasiswa magang pun ada dalam daftar pencarian kerja Indeed.

5. JOB TODAY – jobs in 24hrs

JOB TODAY mengklaim bahwa para penggunanya akan mudah mendapat pekerjaan dengan kurun waktu 24 jam saja. Tak hanya itu saja, aplikasi lowongan kerja JOB TODAY memudahkan Anda dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan dengan hanya satu kali klik untuk melamar pekerjaan.

Fitur lain yang ditawarkan, para pencari kerja dan para calon tempat kerja akan mudah berkomunikasi, dengan disediakannya chat khusus untuk pelamar dan penerima kerja. Fitur chat tersebut akan memudahkan pelamar juga calon tempat kerja, untuk menentukan jadwal interview dan test kerja.

6. Trovit Jobs

Trovit Jobs, aplikasi lowongan kerja lain yang bisa Anda gunakan untuk mencari pekerjaan secara online, tanpa perlu repot mencetak atau print surat lamaran. Hanya daftar sebagai pengguna, dan memasukkan resume, maka Anda siap mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill dan passion Anda.

Trovit Jobs menyediakan  lowongan kerja dari 46 negara, namun tidak termasuk Indonesia. Meskipun begitu, Trovit Jobs cocok untuk Anda yang berminat bekerja di luar negeri, terutama di Amerika. Tertarik bekerja di luar negeri?

7. Freelancer – Hire & Find Jobs

Jika sebelumnya aplikasi lowongan kerja lebih banyak dikhususkan untuk para pekerja tetap, berbeda dengan aplikasi Freelancer ini. Sesuai dengan namanya, aplikasi Freelancer merupakan aplikasi pencari kerja untuk Anda yang mencari lowongan kerja paruh waktu.

Anda hanya perlu mendaftarkan data diri untuk melakukan Sign Up. Anda juga bisa mengajukan proposal untuk lebih dipercaya oleh para perusahaan, meskipun Anda hanya seorang freelance. Anda bisa menunjukkan profesionalisme Anda di sini.

8. Jobs id

Jobs id, aplikasi lowongan kerja Indonesia yang dikhususkan untuk para pencari pekerjaan di Indonesia. Sebelumnya, aplikasi ini dapat diakses melalui website secara langsung. Namun, untuk kemudahan para pencari kerja, Jobs id membuat sebuah aplikasi yang lebih memudahkan para pencari kerja.

Jobs id tidak jauh berbeda dengan aplikasi lowongan kerja lainnya. Pertama tentu Anda harus men-download aplikasinya terlebih dahulu di PlayStore. Setalah itu, Anda bisa mendaftarkan diri Anda, juga menampilkan foto dan resume/CV Anda.

9. Ayo! Kerja!

Aplikasi Ayo! Kerja! menyediakan lowongan kerja dari Sabang sampai Marauke. Tak perlu khawatir masalah jenjang pendidikan. Tidak hanya sarjana yang bisa melamar di Ayo! Kerja!. Mulai dari jenjang SMA/SMK, D3, D4, S1 sampai S3, dapat melamar di sini.

Tampilan aplikasi yang tidak ribet membuat Anda akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan yang cocok. Tak hanya lowongan pekerjaan dari perusahaan swasta, bahkan aplikasi ini juga menyediakan lowongan kerja untuk CPNS, BUMN, juga bank.

10. Lowongan Kerja Update

Aplikasi Lowongan Kerja Update bukan sekadar menampung lowongan kerja dari Indonesia. Lowongan Kerja Update merupakan aplikasi yang selalu meng-update pekerjaan baru yang berasal dari pihak JobsCDC, Bursa Kerja Depnakertrans, Career Builder, ECC UGM, Kedai Karir, Klik Karir. Dunia Karir, Karir com, Career Jet, Loker Web Id, dan lainnya.

Tak hanya pekerjaan, berbagai artikel terbaru pun selalu di-update setiap 4 jam sekali di aplikasi ini. Bisa Anda bayangkan banyaknya lowongan kerja yang terdapat pada aplikasi ini, kan?

Baca juga: Cara yang Benar Mengelola Modal Usaha ketika Merintis Bisnis

Related

Technology 8365125372516844928

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item