Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Mencari dan Melamar Kerja

Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Mencari dan Melamar Kerja

Naviri Magazine - Generasi sekarang sangat dimanjakan oleh teknologi, termasuk dalam urusan mencari dan melamar kerja. Di masa lalu, orang harus bersusah-payah untuk mencari lowongan dan melamar pekerjaan. Namun, sekarang, dengan kecanggihan teknologi, orang bisa mencari lowongan kerja dengan mudah, hanya melalui ponsel. Begitu pun dengan mengirimkan lamaran kerja bisa sama mudah, karena difasilitasi internet.

Terkait lowongan kerja, bahkan ada aplikasi-aplikasi khusus yang menyediakan banyak lowongan kerja, sehingga kita bisa mencarinya dengan mudah. Setelah menemukan lowongan kerja yang pas, kita juga bisa mengirimkan CV dan surat lamaran lewat aplikasi bersangkutan, atau menggunakan fasilitas email.

Berikut ini adalah rekomendasi tujuh aplikasi terbaik untuk mencari kerja, yang bisa dicoba.

Craigslist

Craigslist merupakan aplikasi pencari kerja yang pas bagi yang ingin meniti karir dari bawah. Di aplikasi ini, kita tidak akan menemukan lowongan kerja dengan gaji super atau banyak pengalaman. Sebagian besar lowongan yang ditawarkan justru lebih ke arah yang sederhana, seperti freelance atau semacamnya.

Oleh karena itu, aplikasi ini sangat cocok bagi orang-orang yang merasa lebih nyaman jika bekerja sendirian. Untuk performa, aplikasi ingin sangat ringan dan mudah diakses.

Glassdoor

Jika dibandingan Craiglist, Glassdoor jauh lebih populer. Aplikasi ini mencakup lebih banyak fitur daripada aplikasi lain yang serupa. Contohnya, kita bisa mengetahui rata-rata penghasilan dari banyak bidang pekerjaan. Selain itu, ada juga ulasan dari karyawan atau orang-orang yang pernah bekerja di perusahaan terkait.

Desain UI-nya juga sederhana dan dibantu sejumlah fitur tambahan untuk menemukan jenis pekerjaan, berdasarkan minat atau skill. Aplikasi ini sepenuhnya gratis dan bebas iklan.

Indeed Job Search

Dengan lebih dari 100 juta pengguna, Indeed Job Search menjadi aplikasi pencari kerja populer. Aplikasi ini menawarkan pekerjaan dari 50 negara, dalam 28 bahasa. Fitur-fitur umum yang sangat membantu juga disertakan, seperti mengunggah CV atau resume, mencari pekerjaan berdasarkan kategori, dan menyimpan lowongan pekerjaan untuk mendaftar nanti.

Hanya ada satu hal yang cukup menggganggu dari aplikasi ini, yaitu desain UI-nya yang terbilang kuno. Kendati demikian, aplikasi ini bekerja dengan baik.

LinkedIn Job Search

Berbeda dengan LinkedIn yang merupakan media sosial para pekerja, LinkedIn Job Search lebih mengarah ke aplikasi jejaring bagi para pencari kerja. Di aplikasi ini, kita bisa menemukan banyak pekerjaan, dan semua terintegrasi langsung dengan akun atau profil LinkedIn kita.

Selain itu, kita juga dapat menyimpan pekerjaan, mendapatkan notifikasi ketika pekerjaan baru berdasarkan kategori yang diminati muncul, dan melacak status dari lamaran atau CV yang kita lampirkan. LinkedIn Job Search sangat bagus dan layak digunakan.

Snag

Snag (dulunya Snagajob) menawarkan desain UI yang sederhana, bersama sejumlah fitur-fitur dasar dan banyak lowongan pekerjaan yang siap untuk dilamar. Ada satu fitur unik dari aplikasi ini, yaitu kita bisa mendapatkan notifikasi harian terkait pekerjaan apa yang pas dengan kita, berdasarkan tes kepribadian yang dilakukan di awal.

Poin plus dari aplikasi ini mungkin berasal dari fakta bahwa Google Search menggunakan Snag sebagai sumber pencari kerja mereka. Selebihnya, Snag hanyalah aplikasi pencari kerja yang umum dan mendasar, tapi sangat direkomendasikan.

Trovit

Trovit memiliki fitur pencarian yang sangat baik, dengan banyak filter untuk menemukan jenis pekerjaan yang kita inginkan. Aplikasi ini juga menyertakan fitur bookmark bagi yang ingin mendaftar atau melamar di masa medatang. Selain itu, Trovit juga bisa memunculkan notifikasi ketika pekerjaan yang sesuai dengan skill kita muncul.

Jika ingin aplikasi pencari pekerjaan yang terpercaya, cepat dan mudah, Trovit patut dicoba.

ZipRecruiter

Tak butuh waktu lama bagi ZipRecruiter untuk mengumpulkan lebih dari satu juta unduhan di Play Store. Meski berlabel aplikasi baru, banyak orang yang mempercayai aplikasi ini sebagai sarana mencari pekerjaan. Sejumlah fitur dasar juga disematkan, seperti mencari pekerjaan berdasarkan minat, menyimpan pekerjaan untuk nanti, dan lain-lain.

Salah satu hal terbaik dari ZipRecruiter adalah fitur one-click apply, di mana kita bisa langsung melamar pekerjaan setelah selesai mengisi formulir dan mengunggah CV atau resume. Sangat direkomendasikan!

Baca juga: 15 Perusahaan Besar yang Menerima Karyawan Lulusan SMA

Related

Technology 4903934548975045975

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item