Bagaimana Rayap Mencerna Makanannya?

 Bagaimana Rayap Mencerna Makanannya?

Naviri Magazine - Rayap adalah serangga sosial anggota bangsa Isoptera, yang dikenal luas sebagai hama penting dalam kehidupan manusia. Rayap umumnya bersarang di kayu, dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah.

Rayap masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial. Dalam bahasa Inggris, rayap disebut juga semut putih (white ant) karena kemiripan perilakunya.

Dalam sistem pencernaan rayap terdapat protozoa (hewan bersel tunggal), dan rayap mengandalkan protozoa itu ketika mencerna makanannya. Rayap pemakan kayu, misalnya, tidak dapat benar-benar mencerna kayu sendirian, namun bergantung pada protozoa yang hidup dalam pencernaan mereka. 

Pada jenis rayap lain, terdapat sejumlah besar koloni bakteri yang hidup di dalam sistem pencernaannya, yang juga membantu menghancurkan makanan.

Selain itu, rayap juga mengandung bakteri yang menyerap nitrogen dari udara, dan mengubahnya menjadi protein pembentuk tubuh. Rayap sangat menggantungkan hidupnya pada makhluk-makhluk kecil tersebut dalam pencernaan mereka.


Related

Science 9209132341956556836

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item