Bagaimana Reptil Bisa Sampai di Tempat yang Jauh?

Bagaimana Reptil Bisa Sampai di Tempat yang Jauh?

Naviri Magazine - Para ilmuwan memperkirakan bahwa reptil—semisal komodo—sampai ke pulau-pulau yang kecil secara kebetulan, mungkin terapung di atas batang kayu yang terempas ke laut oleh badai besar, atau semacamnya.

Pada saat mereka mencapai kepulauan, reptil tersebut menemukan di sana tidak ada musuh, sehingga mereka pun tidak perlu bersembunyi. Lambat laun, mereka pun tumbuh menjadi sangat besar.

Karena hal itu pula, para ilmuwan sering mempelajari reptil dengan membandingkan reptil yang ditemukan di kepulauan yang jauh, dengan keluarga mereka yang berada di daratan yang terdekat.

Mereka bahkan sering dapat menemukan jenis reptil mana yang pertama kali mencapai kepulauan, karena reptil tersebut memiliki paling banyak waktu untuk berkembang, sehingga menjadi reptil yang paling tidak mirip dibanding saudaranya yang ada di daratan.

Bisakah reptil memanjat pohon?

Kebanyakan jenis kadal hidup di pohon, dan mereka menggunakan cakarnya yang tajam untuk berpegangan pada pohon ketika memanjat.

Ular juga dapat memanjat bahkan hidup di pohon. Mereka bergerak menggeliat naik ke atas batang pohon, bertahan dengan sisik mereka yang besar yang terdapat di bagian bawah tubuhnya. Ular bahkan memanjat pohon ketika mengejar burung atau serangga mangsanya.


Related

Science 2828041028864835365

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item