Meski Disebut Bunga, Ternyata Bunga Karang Termasuk Hewan

Meski Disebut Bunga, Ternyata Bunga Karang Termasuk Hewan

Naviri Magazine - Meski namanya bunga, tetapi bunga karang termasuk hewan. Wujudnya memang indah dan berwarna-warni, sehingga disebut bunga. Namun ia masuk dalam golongan hewan sederhana, karena tubuhnya terdiri atas sel-sel yang bersatu dengan susunan sederhana, dan tidak memiliki susunan saraf.

Berbeda dengan hewan-hewan lain, bunga karang tidak bergerak dan tidak dapat berjalan. Makhluk itu hidup dengan menempel pada dasar laut, batu karang, atau benda-benda di dalam air lainnya, sehingga hanya tubuhnya yang tampak bergerak-gerak di dalam air.

Tubuh yang tampak bergerak-gerak itu pun sebenarnya tentakelnya, yang berwujud seperti daun-daun panjang. Tentakel-tentakel itu bergerak melambai-lambai di dalam laut, seiring arus gerakan air.

Bagaimana cara bintang laut makan?

Bintang laut makan dengan cara mengeluarkan perutnya. Mulut bintang laut berada di bawah tubuhnya. Ketika memangsa kerang, remis, ikan kecil, keong, dan lainnya, bintang laut mencerna makanannya tersebut melalui perutnya secara langsung, dengan cara membuka perutnya lebar-lebar.

Cara makan yang unik semacam itu memungkinkan bintang laut memakan mangsa yang lebih besar, dan dapat masuk dengan mudah ke perutnya yang kecil.

Baca juga: Aneh dan Membingungkan, Ikan Ini Punya Penis di Leher

Related

Science 8102611669292262611

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item