Indah dan Langka, Inilah 10 Bunga Termahal di Dunia

Indah dan Langka, Inilah 10 Bunga Termahal di Dunia

Naviri Magazine - Bunga hidup, dalam arti bunga yang dipetik dari pohon, memiliki aneka bentuk yang indah dan mempesona, serta menguarkan aroma menyenangkan. Karena hal itu pula, bunga sering digunakan sebagai hiasan atau hadiah untuk orang-orang terkasih. Saat acara-acara tertentu, bunga juga kerap digunakan sebagai pemanis.

Sebagian bunga bisa diperoleh dengan harga terjangkau, karena umumnya memang tumbuh di mana-mana atau mudah didapatkan. Namun, ada bunga-bunga tertentu yang memiliki harga mahal luar biasa karena sangat indah dan sangat langka. Di antara bunga-bunga yang mahal, berikut ini adalah sepuluh di antaranya. Daftar ini dimulai dari nomor 10 menuju nomor 1.

10. Lisianthus ($10-$35 per bundel)

The Eustoma grandiflorum, atau lebih dikenal sebagai Lisianthus, adalah bunga yang mekar setiap tahun, dan memiliki diameter 5 cm. Lisianthus dapat tumbuh 15 sampai 60 cm. Dengan bentuk kelopak oval halus, Lisianthus ada dalam berbagai warna dari ungu, putih, lavender, bahkan biru ungu pucat.

Alasan harganya sangat mahal, karena bunga ini bisa bertahan selama 2-3 minggu setelah dipotong dari batang pohonnya.

9. Lily of the Valley ($15-$50 per bundel)

Lily of the Valley (Convallaria majalis) memiliki penampilan mungil serta mekar berbentuk lonceng. Biasanya mekar di akhir musim semi (awal Maret) setelah musim dingin ringan di belahan bumi utara. Tangkainya tumbuh 15-30 cm, dikelilingi oleh dua daun panjang, sementara bunganya memiliki diameter mencapai 5-10 mm.

Umurnya hanya beberapa minggu setelah dipotong dari dahan pohonnya, sehingga sebagian pemanen ekstra hati-hati dalam mengambilnya dari pohon.

8. Hydrangea ($6.5 per batang)

Hydrangea dikenal sebagai bunga yang melingkar unik dan berwujud kecil. Semak dasarnya tumbuh 1-3 meter dari awal musim semi hingga akhir musim gugur. Muncul dengan warna kebanyakan putih, namun ada juga yang biru, pink, ungu muda, atau ungu.

Hydrangea mudah terkulai dan layu, dan hanya bisa dibeli pada hari yang diinginkan, atau malam sebelumnya. Meskipun demikian, bunga ini sering digunakan dalam berbagai kesempatan, terutama dalam pernikahan.

7. Gloriosa ($6-$10 per bunga)

Asli dari Afrika Selatan dan Asia, Gloriosa memiliki harga sangat mahal, karena langka dan unik. Dengan sulur-sulur panjang, Gloriosa dikenal sebagai bunga yang mencolok. Kelopaknya memiliki aneka warna dari ujung ke pusat. Biasanya berwarna merah hati, oranye, kuning, dan jingga.

6. Tulip Bulb (10.000 gulden atau $ 5.700 selama abad ke-17)

Meskipun terkesan sederhana, harga untuk tulip mekar ini sangat mahal. Bunga asal Belanda ini memiliki bentuk yang unik, serta warna yang mendalam. Bahkan warnanya lebih kuat daripada bunga-bunga lain.

5. Saffron Crocus ($1.200-$1.500 per bundel)

Saffron lebih terkenal sebagai rempah-rempah, tapi masih sering dijual sebagai bunga. Saffron berwarna ungu pada benang sari, dan warna kuningnya tampak unik. Ada permintaan besar untuk rempah-rempah Saffron, untuk digunakan sebagai bumbu serta untuk mewarnai masakan.

4. Kinabalu Gold Orchid ($6.000 per tangkai)

Kinabalu Gold Orchid dijual dengan harga yang sangat tinggi, karena kelangkaan dan keindahannya. Bunga ini sangat indah, kelopaknya panjang dan hijau, dengan bintik-bintik merah. Bunga ini hanya ditemukan di Taman Nasional Kinabalu di Malaysia.

Selain hanya ditemukan di satu tempat, bunga ini juga sangat sulit perawatannya. Bunga ini hanya akan tumbuh antara April dan Mei. Karena langka dan mahal, bunga ini disebut "Emas Kinabalu".

3. Anggrek Shenzhen Nongke (1,68 juta yuan atau sekitar $ 200.000)

Shenzhen Nongke adalah bunga yang benar-benar dibuat tangan manusia, dan mendapat namanya dari kelompok yang melakukan percobaan. Butuh delapan tahun untuk tumbuh, bunga ini dijual dengan harga tinggi bukan hanya karena keunikannya, tapi juga karena proses budidayanya.

2. Juliet Rose (£ 3 juta atau sekitar $ 15.800.000)

Juliet Rose menarik perhatian dunia dengan keanggunan dan keindahan. David Austin butuh 15 tahun untuk menumbuhkan bunga yang indah ini. Juliet Rose juga dikenal sebagai mawar paling indah di dunia.

1. Kadupul Flower (harganya tak ternilai)

Alasan mengapa Kadupul tidak memiliki label harga bukan hanya karena sangat langka, tetapi juga karena bunga ini tidak dapat diambil tanpa menyebabkan kerusakan. Selain itu, bunga ini mati sebelum fajar.

Bunga ini sebenarnya semacam kaktus. Hanya di malam hari bunga ini mekar dan memancarkan keindahan serta wewangian.

Baca juga: Mencengangkan, Bunga Ini Mekar Saat Mendengar Adzan

Related

World's Fact 6505495605006884544

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item