Bagaimana Cairan Asam Bisa Menghancurkan Tubuh Manusia?

Bagaimana Cairan Asam Bisa Menghancurkan Tubuh Manusia?

Naviri Magazine - Istilah atau nama cairan asam mungkin terdengar tidak terlalu berbahaya. Namun, di balik istilah atau nama itu tersimpan sesuatu yang sangat berbahaya. Karena cairan asam bisa menghancurkan tubuh manusia hingga benar-benar lebur. Karena itulah, beberapa penjahat kadang menggunakan cairan asam untuk menghilangkan korban kejahatannya, dengan menggunakan cairan asam.

Penggunaan cairan asam sebagai cara untuk menghilangkan tubuh korban pembunuhan bahkan sudah beberapa kali terjadi.

Misalnya saja kasus pembunuhan di Inggris yang dilakukan oleh John George Haigh. Slate melaporkan bahwa Haigh menggunakan asam sulfat, H2SO4, untuk melarutkan enam korbannya pada tahun 1940-an.

Haigh mengaku bahwa dirinya melarutkan tubuh korbannya di dalam sebuah drum minyak yang bisa menampung 170 liter cairan asam, dan tubuh korbannya bisa larut hanya dalam hitungan dua hari.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa uap yang dihasilkan dari proses pelarutan itu membuatnya harus meninggalkan ruangan, karena ia tidak tahan terhadap aromanya.

Slate juga melaporkan bahwa cairan asam bisa melarutkan tubuh lebih baik dibanding cairan alkali biasa. Bahkan cairan asam juga bisa melarutkan tulang serta gigi, namun prosesnya lebih lama dan berbahaya.

Raychelle Burks, ahli kimia dan asisten profesor kimia di St. Edward's University, AS, pernah menulis penjelasan mengenai bagaimana cairan asam bisa melarutkan tubuh di Chemistry World.

Burks memaparkan bahwa beberapa cairan asam dan basa, biasanya H2SO4 atau asam sulfat, HCL atau asam klorida, NaOH atau Natrium hidroksida (soda api), dan KOH atau Kalium Hidroksida, efektif untuk melarutkan jaringan lunak.

Proses yang terjadi adalah hidrolisis atau pemecahan senyawa kimia melalui penambahan cairan tersebut terhadap biomolekul besar, seperti protein, lemak, karbohidrat, dan asam nukleat.

Selain itu, ia berpendapat bahwa teknik alkaline hydrolysis atau hidrolisis alkali merupakan yang terbaik di antara berbagai cara lain melarutkan tubuh manusia dengan menggunakan cairan asam.

"Kemungkinan besar hal ini karena terjadi peningkatan pembelahan ikatan kimia disulfida yang merupakan pengikat kunci bagi struktur protein," tulis Burks.

Dijelaskan bahwa peningkatan pembelahan ikatan kimia disulfida tersebut juga bekerja lebih baik dalam melarutkan rambut dan kuku, dibanding cairan asam lainnya.

Menurut Burks, cairan asam memang bisa melarutkan tulang dan gigi, karena kalsium apatites lebih mudah larut dalam kondisi asam. Namun Bursk kembali menambahkan bahwa sebenarnya diperlukan waktu cukup lama untuk membuat tulang larut di dalam cairan asam.

"Bisa memakan waktu sampai satu hari atau lebih, tergantung pada asam yang digunakan," tulis Burks.

Selain itu, kemampuan asam untuk melarutkan tulang sudah diamati langsung oleh para peneliti dan telah dipublikasikan di Journal of Forensic Science.

Di jurnal tersebut, para peneliti dari University of Milan, Italia, mempelajari efek pelarutan tulang babi di cairan asam dan juga cairan basa.

Hasilnya ditemukan bahwa meski asam lebih efektif melarutkan tulang, cairan basa yang terkonsentrasi tinggi dan kuat memberikan kerusakan yang lebih parah.

Baca juga: Ternyata, Penyakit Spiritual Juga Bisa Menular

Related

Science 2566273682000790739

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item