Bagaimana Cara Ilmuwan Menentukan Usia Planet?

Bagaimana Cara Ilmuwan Menentukan Usia Planet?

Naviri Magazine - Teknik paling modern dalam menentukan usia planet adalah dengan menentukan kecepatan rotasi sebuah bintang. Dari kecepatan rotasi tersebut, para astronom bisa mengukur usia bintang.

Dari usia bintang, mereka bisa memperkirakan usia planet yang mengelilinginya. Teknik itu pula yang dilakukan Soren Meibom, astronom dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, yang berupaya mencari planet lain yang sekiranya dapat dihuni manusia.

Soren Meibom menjelaskan, “Bintang dan planetnya memiliki usia yang sama. Dengan menentukan usia bintang, kita bisa tahu usia planet-planetnya.”

Bintang yang muda, berdasarkan pengamatan, berputar lebih cepat. Bintang-bintang muda juga lebih berbintik, yang menyebabkan variasi tingkat warna terangnya saat berputar.

Sedangkan bintang yang lebih tua berputar lebih lambat, dan memiliki bintik yang lebih kecil. Dengan menggunakan teleskop Kepler Space milik NASA, para peneliti dapat mengetahui kecepatan rotasi beberapa bintang, termasuk bintang yang berumur 1 miliar tahun, 2,5 miliar tahun, bahkan 9 miliar tahun.

Sekadar catatan, jika sebuah bintang dan planetnya berumur sekitar 1 miliar tahun, maka planetnya hanya dapat menampung kehidupan mikroba primitif.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Mengapa Pluto Tidak Bisa Disebut Planet

Related

Science 3031747319302810184

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item