Cara Mengatasi dan Menghindari Lelah yang Muncul Sehari-hari

 Cara Mengatasi dan Menghindari Lelah yang Muncul Sehari-hari

Naviri Magazine - Rasa lelah adalah hal yang bisa terjadi pada siapa saja, baik lelah fisik maupun lelah pikiran. Bekerja seharian bisa membuat orang lelah, banyak pikiran juga bisa membuat orang lelah. Ketika lelah datang, kita biasanya tidak ingin melakukan apa pun, selain hanya diam dan bermalas-malasan.

Yang menjadi masalah, bermalas-malasan sering kali tidak menyelesaikan masalah, tapi bisa jadi malah menambah masalah, akibat banyak pekerjaan yang terbengkalai.

Rasa lelah bisa disebabkan oleh aktivitas fisik yang berlebihan atau problem mental, seperti kesedihan, kecemasan, kemarahan, stres, atau kejenuhan. Selain mencoba bijak dalam menghadapi masalah, barangkali air bisa menjadi solusi.

Sebab, studi terapi air yang dipaparkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menyebutkan, 55 persen partisipan yang mengguyurkan air ke wajah atau mandi ketika perasaannya tidak menentu akhirnya bisa kembali bersemangat dan berenergi. Rupanya, sejumlah kecil H2O yang menyegarkan bisa secara instan mengusir emosi yang bergejolak. 

Mendengarkan musik termasuk salah satu cara paling efektif untuk mengubah suasana hati yang buruk, menurunkan ketegangan, dan mendongkrak energi. Dalam sebuah studi, pelari yang mendengar musik sambil melaju di atas treadmill, berlari lebih cepat dibanding pelari lain yang lari dalam keheningan. Temuan baru ini diungkapkan dalam jurnal Ergonomics. Adapun studi lain menyebutkan, musik juga bisa mengusir perasaan lelah.

Lelah juga bisa disebabkan oleh kualitas tidur yang kurang baik. Karena itu, coba lakukan relaksasi sebelum tidur. Minum susu, mandi dengan air hangat, membuat temperatur udara kamar sejuk dan suasana lebih temaram, plus memutar musik yang mengalun lembut, mudah-mudahan membuat Anda bisa tertidur lelap serta bangun segar pada pagi hari, sehingga bisa memulai hari dengan penuh semangat. 

Tips menghindari lelah 

1. Makan pagi dan makan siang dengan porsi kecil 3-4 jam sekali, plus dua camilan dalam sehari.
2. Menu seimbang dengan komposisi karbohidrat, asam lemak esensial, protein, dan serat.
3. Konsumsi air yang memadai. Jangan sampai mengalami dehidrasi.
4. Minum kafein dalam jumlah moderat (tidak berlebihan). 
5. Batasi aktivitas fisik hingga berlebihan dan kendalikan stres.
6. Tidur cukup.

Baca juga: Mengapa Badan Lemas dan Mengantuk Setelah Makan Nasi?

Related

Tips 973713815802044057

Recent

item