5 Cara Mudah agar Tubuh Lebih Sehat Meski Jarang Olahraga

5 Cara Mudah agar Tubuh Lebih Sehat Meski Jarang Olahraga

Naviri Magazine - Idealnya, setiap orang meluangkan waktu untuk berolahraga, meski hanya 30 menit per hari. Karena olahraga adalah bagian penting dalam kehidupan yang membantu menunjang kesehatan, selain asupan yang bergizi dan istirahat yang cukup, tentu saja.

Sayangnya, karena kesibukan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari, banyak orang yang tidak punya waktu untuk berolahraga. Kalau pun berolahraga, mungkin tidak bisa rutin setiap hari.

Kalau memang kita tidak bisa meluangkan waktu setiap hari untuk olahraga, ada upaya lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah lima cara di antaranya.

Santai saat makan

Di zaman sekarang, apa pun yang kita lakukan – termasuk makan – cenderung dalam kecepatan tinggi. Dan itu tidak baik bagi kesehatan.

Para ahli gizi menyarankan untuk melambatkan sejenak dan mengunyah perlahan makanan kita, antara 20 hingga 30 kali. Dengan begitu, tubuh lebih mudah mencerna dan menyerap yang kita konsumsi.

Kelly Johnston, ahli gizi dari Parsley Health, mengatakan, semakin sering kita memecah makanan di mulut, ia lebih mudah diserap di usus. Oleh sebab itu, demi proses pencernaan yang lebih baik, cobalah menyisihkan lebih banyak waktu untuk mengunyah makanan.

Jangan konsumsi makanan olahan

Makanan olahan memiliki kandungan sodium dan gula yang tinggi, yang berbahaya bagi tubuh.

“Makanan olahan memiliki filler dan bahan pengental yang dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin dan nutrisi penting dari makanan sungguhan,” papar Beckerman.

Berusaha mengganti makanan olahan adalah cara terbaik agar lebih sehat. Fokuslah pada jenis makanan yang tersedia di alam, seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, ikan, dan daging.

Tidur yang cukup

Ketika Anda ingin memanfaatkan sebaik mungkin waktu yang dipunya untuk mengerjakan semua hal dalam hidup – seperti bekerja, berkegiatan sosial, mengurus keluarga, olahraga, memasak makanan sehat dan lainnya – terkadang jadwal tidur yang cukup justru terabaikan.

Padahal, mendapat tidur yang cukup harus menjadi prioritas tertinggi. Dengan tidur, tubuh kita akan lebih rileks dan ‘mendapat perbaikan’ setelah berkegiatan seharian.

Kebutuhan tidur antara satu orang dan yang lain mungkin berbeda. Namun, Johnston mengatakan, setidaknya kita harus tidur selama tujuh hingga sembilan jam per hari. Jika tidak mendapatkan tidur yang cukup, tubuh akan mengalami kesulitan pada esok hari.

Menemukan cara untuk menghilangkan stres

Stres kronis memiliki banyak efek negatif pada tubuh. Mulai dari depresi dan kecemasan, hingga penyakit gastrointestinal dan kardiovaskular. Demi kepentingan kesehatan, sebaiknya kita segera menemukan cara untuk mengatasi stres.

Bagi beberapa orang, caranya bisa dilakukan dengan berolahraga, seperti berjalan kaki atau yoga. Bagi yang lain, mungkin menulis buku harian, meditasi, dan menumpahkan keluh kesah pada orang terdekat, dapat menghalau stres.

“Penting untuk mengisi ulang baterai kehidupan Anda,” pungkas Johnston.

Baca juga: Makan Buru-buru Bisa Mengganggu Pencernaan di Perut Kita

Related

Health 2998537278799555536

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item