Dalam Sehari, Capung Mampu Terbang Sejauh 137 Kilometer

Dalam Sehari, Capung Mampu Terbang Sejauh 137 Kilometer

Naviri Magazine - Mengapa sayap capung berbeda ukuran? Sayap capung bagian depan lebih panjang dibanding sayap capung bagian belakang.

Perbedaan bentuk sayap seperti itu membuat capung dapat terbang sangat cepat, hingga 97 kilometer per jam, dan dapat melakukan berbagai manuver di udara—mulai dari bergerak ke samping, ke belakang, sampai menyusuri suatu permukaan benda.

Capung juga mampu melakukan perjalanan sejauh 137 kilometer dalam satu hari. Kelihaian dan kecepatannya dalam terbang tersebut menjadikan mereka serangga tercepat di bumi.

Bagaimana pertumbuhan anak capung?

Capung termasuk serangga yang ganas. Sejak menetas dari telur, mereka adalah karnivora yang suka menyatap hewan lain. Pada saat masih larva, mereka memakan plankton, ikan-ikan kecil, serta larva lain.

Ketika sayap mereka mulai berkembang, capung muda memiliki bagian tubuh khusus yang berada di sekitar kepalanya, yang berfungsi sebagai tongkat untuk memudahkan menangkap ikan-ikan kecil.

Pada waktu dewasa, capung merupakan predator alami dari nyamuk, sehingga populasi capung yang banyak bisa menjadi pengontrol efektif dalam menanggulangi penyebaran nyamuk pada suatu tempat.

Baca juga: 5 Hewan yang Memiliki Ritual Kawin Unik dan Tak Terduga

Related

Science 1198109116208441787

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item