7 Film Bagus yang Berkisah Tentang Gangguan Psikologis

7 Film Bagus yang Berkisah Tentang Gangguan Psikologis

Naviri Magazine - Ada banyak masalah psikologis yang bisa diidap manusia, dari yang ringan sampai yang berat, dari yang populer sampai yang mungkin tidak kita kenal. Tema terkait gangguan psikologis pun sudah sering diangkat ke layar film, dan memberi gambaran pada penonton bahwa ternyata ada orang-orang yang harus menghadapi gangguan tak terbayangkan semacam itu.

Sebagian film bertema gangguan psikologis biasanya ber-genre thriller atau horor, namun ada pula yang dikemas dalam film ber-genre drama. Berikut ini adalah tujuh film bertema gangguan psikologis yang perlu ditonton, terkait orang yang berkepribadian ganda sampai tokoh yang mengalami amnesia.

Split

Film ini mengisahkan seorang pasien yang mengalami gangguan kepribadian ganda, bernama Kevin. Diperankan oleh James McAvoy, Kevin diceritakan memiliki 23 kepribadian, yang memiliki karakter khas masing-masing.

Ada satu karakter kepribadian yang belum muncul, yaitu The Beast, dan untuk memunculkannya, Kevin menculik tiga orang gadis di sebuah bangunan tua bawah tanah.

A Beautiful Mind 

Di balik kecerdasan seseorang, mungkin ada sesuatu yang tersembunyi. Film ini bercerita tentang kisah nyata seorang ahli matematika, John Nash, yang sangat cerdas. Menjadi mahasiswa pintar membuatnya lebih senang belajar otodidak daripada harus mengikuti kuliah.

Ternyata, Nash menderita skizofrenia, yang membuatnya sering berhalusinasi. Terlebih ketika ia bekerja sebagai mata-mata, ia bagaikan lupa dengan dunia nyata, karena hidup dalam halusinasinya.

He Loves Me, He Loves Me Not

Pernah mendengar istilah erotomania? Film ini berkisah tentang seorang wanita bernama Angelique, yang memiliki khayalan bahwa seseorang yang dia cinta memiliki perasaan yang sama dengannya, padahal kenyataanya bertolak belakang.

Gangguan ini membuatnya jatuh cinta pada Loic, dan melakukan apa pun demi lelaki tersebut, bahkan hingga membunuh orang lain. Kenyataanya, Loic sama sekali tak mengenal Angelique. Bahaya sekali, ya, gangguan ini!

Maniac

Sebenarnya, mania merupakan salah satu kelompok gangguan psikologis. Di film ini, diceritakan seorang pria bernama Frank, yang memiliki kisah masa kecil yang suram sebagai anak seorang pekerja seks komersial. Hal ini membuatnya sulit menjalin hubungan dengan orang lain.

Frank, yang bekerja sebagai pembuat manekin, kerap membunuh wanita yang ditemuinya. Kemudian, ia akan menguliti kepala wanita tersebut untuk diambil rambutnya, dan dipajang pada sebuah manekin buatannya.

50 First Dates

Film ber-genre komedi romantis ini cukup populer sebagai film yang menceritakan kondisi amnesia. Henry Roth, seorang dokter hewan laut yang dikenal playboy, jatuh cinta pada seorang gadis bernama Lucy, yang ternyata mengidap anterograde amnesia.

Gangguan ini membuat Lucy tidak bisa menyimpan memori lebih dari satu hari. Setiap bangun tidur, Lucy akan lupa dengan memori di hari kemarin.

Shutter Island

Kalau menonton film ini, sebaiknya harus dalam keadaan fokus. Meski alur ceritanya rumit, film ini bisa menampilkan sisi lain dari seorang pasien gangguan jiwa, yang dirawat di penjara khusus yang ada di sebuah pulau.

Bercerita tentang sebuah kasus penyidikan pasien yang hilang, film ini akan membuat terkejut pada bagian akhirnya. Karena, ketika semua hal terungkap, ternyata tak seperti yang kita kira.

Donnie Darko

Gangguan psikologis yang diceritakan film ini adalah gangguan tidur sambil berjalan (sleepwalking), yang kemudian berkembang menjadi halusinasi. Darko memiliki teman bayangan berupa kelinci putih seukuran manusia bernama Frank, yang mengendalikan perilakunya menjadi buruk dan nakal.

Banyak orang yang mengira Darko mengalami gangguan jiwa berat yang membuatnya sulit pulih, bahkan setelah diterapi. Ada apa dengan Darko?

Baca juga: Sinopsis Lengkap Film He Loves Me, He Loves Me Not

Related

Film 4279880857143362067

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item